Hindari Kecelakaan, Wisatawan Dilarang Berenang di Pantai Kelingking, Diamond Beach, Angel Billabong

Mengantisipasi cuaca buruk atau ekstrem yang berlangsung beberapa waktu belakangan, Pemkab Klungkung, Bali, melarang wisatawan berenang di tiga pantai

Shutterstock/Guitar photographer
Wisatawan Berfoto di Pantai Kelingking, Bali. Seperti berada di atas kapal. (Shutterstock/Guitar photographer) 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Beberapa waktu belakangan ini terjadi cuaca ekstrem baik di darat maupun di laut. Akibatnya terjadi beberapa kecelakaan di kawasan wisata Nusa Penida di Bali.

Mengantisipasi cuaca buruk atau ekstrem itu Pemkab Klungkung, Bali, melarang wisatawan berenang di tiga pantai di Nusa Penida yakni Pantai Kelingking, Pantai Atuh atau Diamond Beach, dan Angel Billabong.

Ada 3 pantai yang dilarang untuk berenang sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Baca juga: Turis Domestik di Nusa Penida Mengaku Dianaktirikan di Negeri Sendiri, Penjelasan Kadispar

Larangan ini disampaikan akibat terjadinya cuaca ekstrem, sebagaimana dimuat dalam Surat Edaran (SE) No. 556/028/DISPAR tentang Keselamatan dan Keamanan di Kawasan Pariwisata Nusa Penida pada Senin (23/1/2023).

"Mencermati cuaca ekstrem akhir-akhir ini dan terjadi beberapa kecelakaan di Nusa Penida, yang mana ada wisatawan yang terseret ombak, di Pantai Kelingking dan Diamond, jadi kami mengantisipasi peristiwa tersebut agar tidak terulang lagi," tutur Kepala Dinas Pariwisata Klungkung Ni Made Sulistiawati, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (25/1/2023).

Adapun poin yang tercantum dalam SE tersebut mencakup:
- Mengimbau agar senantiasa menjaga keselamatan dan keamanan wisatawan yang berwisata di Nusa Penida.
- Mengimbau para pengusaha, atau pelaku pariwisata untuk tidak mengizinkan wisatawan untuk berenang di tiga pantai yaitu Pantai Diamond, Pantai Kelingking, dan Angel Billabong.

Diamond Beach di Pulau Nusa Penida Bali
Diamond Beach yang terletak di Pulau Nusa Penida, Bali. Foto diambil pada Minggu (11/11/2018). (Kompas.com/SHERLY PUSPITA)

Sulis menyebutkan, imbauan di poin pertama ini juga berlaku bagi seluruh pelaku usaha pariwisata, termasuk pengusaha jasa transportasi seperti fast boat.

"Ini juga termasuk bagi pengusaha yang melayani jasa transportasi ke Nusa Penida, agar mengutamakan keselamatan wisatawan dan penduduk lokal kami yang menggunakan transportasi tersebut," ujarnya.

Selain itu, wisatawan yang berkunjung ke tiga pantai tersebut juga diminta tetap waspada serta memperhatikan keselamatan diri dan keluarganya.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cuaca Ekstrem, Wisatawan Dilarang Berenang di 3 Pantai Nusa Penida", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2023/01/25/170522527/cuaca-ekstrem-wisatawan-dilarang-berenang-di-3-pantai-nusa-penida.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved