Wisatawan dari Beijing, Guangzhou dan Shanghai Bakal Terbang Langsung ke Bali

Penerbangan internasional pertama dari China ke Indonesia setelah pandemi Covid-19 telah berlangsung Minggu (22/1/2023).

Dok. Angkasa Pura I
Ilustrasi pergerakan penumpang pesawat di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali (Dok. Angkasa Pura I) 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Penerbangan internasional pertama dari China ke Indonesia setelah pandemi Covid-19 telah berlangsung Minggu (22/1/2023).

Rencananya charter flight dari China setelah pandemi Covid-19 akan ditambah.

Ada tiga kota di China yang bakal menerbangkan langsung wisatawannya yang ingin berkunjung ke Indonesia.

Baca juga: Sandiaga Pastikan Tidak Ada Diskriminasi Terhadap Wisman, Indonesia Sambut Turis China

Ke depannya, ada rencana untuk menambah direct flight dari Negeri Tirai Bambu.

"Kita akan menambah direct flight, itu sudah diumumkan (maskapai penerbangan) Lion Group tidak hanya akan menambah charter flight tapi juga scheduled flight".

Demikian disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat Weekly Press Briefing secara hybrid, Selasa (24/1/2023).

Lebih lanjut, kata Sandiaga, sesuai dengan permintaan Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) sebelumnya, terdapat tiga kota yang menjadi fokus tujuan direct flight ke dan dari Indonesia, yakni Beijing, Shanghai, dan Guangzhou.

"Ini yang kita harapkan akan meningkatkan jumlah wisatawan dari Tiongkok," imbuhnya.

Ia menjelaskan, rencana penambahan penerbangan langsung ini ditujukan untuk mencapai target kunjungan nasional 255.300 wisatawan asal China pada 2023.


Pintu Masuk Tidak Hanya di Bali

Adapun dengan adanya penambahan maskapai penerbangan khususnya direct flight, target kisaran wisatawan asal China diperkirakan mencapai 2.000 hingga 2.500 orang per hari.

"Tentunya ini terbagi, enggak semuanya di Bali, tapi juga di Manado, Jakarta, dan ada yang masuk melalui Kepulauan Riau," tutur Sandiaga.

Sementara itu, ke depannya direncanakan akan ada beberapa maskapai internasional maupun nasional yang melayani penerbangan langsung dari China dalam waktu dekat.

Selain Lion Air dan Batik Air, kata dia, akan ada beberapa maskapai berbasis China maupun maskapai dalam negeri lainnya.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bali Dapat Tambahan Penerbangan Langsung dari 3 Kota di China", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2023/01/24/204848727/bali-dapat-tambahan-penerbangan-langsung-dari-3-kota-di-china.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved