Orang yang Lahir Tahun Kelinci Berkarakter Waspada, Jenaka, Berpikiran Cepat dan Cerdik

Sebentar lagi Tahun Baru China atau Imlek 2023 akan tiba. Tepatnya pada Minggu (22/1/2023). Setiap tahunnya, shio selalu berubah

Dok. Shutterstock/badboydt7
Ilustrasi cuti bersama Tahun Baru Imlek 2023. (Dok. Shutterstock/badboydt7) 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Sebentar lagi Tahun Baru China atau Imlek 2023 akan tiba. Tepatnya pada Minggu (22/1/2023). Setiap tahunnya, shio selalu berubah.

Imlek 2023 shio apa?

Tahun ini adalah shio kelinci air. 

Baca juga: Sandiaga Uno Imbau Warga Berwisata Dalam Negeri, Waspada Cuaca Ekstrem Saat Libur Panjang Imlek

Dikutip dari Seventeen, Selasa (17/1/2022), tahun kelinci air terjadi setiap 12 tahun sekali, periodenya meliputi 1927, 1939, 1951, 1963, 1975, 1987, 1999, 2011, 2023 dan begitu seterusnya

Klasifikasi zodiak China didasarkan pada kalender yang direpresentasikan oleh 12 hewan pada setiap tahunnya, yakni tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, dan babi. Lalu, apa shio untuk tahun baru kali ini?

Pakar Lintas budaya Dottie Li mengatakan, pada tahun ini orang-orang dapat mengharapkan kemakmuran, harapan, dan ketenangan.

"Karena karakteristik kelinci, kita dapat mengharapkan relaksasi, keluwesan, ketenangan, dan kontemplasi," kata Li dilansir dari Seventeen.

Kemudian, dilansir dari China Highlight, orang yang lahir pada tahun kelinci diyakini memiliki karakter waspada, jenaka, berpikiran cepat, dan cerdik.

Baca juga: Makna Ucapan yang Sering Disampaikan Saat Imlek, Penjelasan Guru Besar Bahasa Mandarin UI

Dalam budaya China, kelinci melambangkan simbol umur panjang, kedamaian, dan kemakmuran.

Pemilik zodiak China yang diprediksi paling beruntung di tahun 2023 adalah sapi, harimau, dan ular.

Sedangkan anjing, kuda, kambing, dan babi diprediksi memiliki keberuntungan yang lebih sedikit dari pemilik zodiak sapi, harimau, dan ular.

Keberuntungan zodiak kelinci dan tikus akan dipengaruhi oleh oposisi terhadap Tai Sui Dewa Usia. Sementara zodiak ayam jantan dan monyet harus bekerja sangat keras untuk membuat kemajuan lebih baik.

Baca juga: Ternyata Ini Alasan Mengapa Jeruk Selalu Hadir dalam Perayaan Imlek

Jika hendak memberikan hadiah pada tahun baru, Li mengatakan, perhiasan kelinci akan populer. "Terutama kelinci giok," ucap Li.

Direktur Edukasi Museum of Chinese di Amerika, Lauren Nechamkin dan Manajer Edukasi Museum of Chinese di Amerika, Nora Chen punya pendapat senada.

"Dalam mitologi China, kelinci giok adalah satu-satunya hewan zodiak yang tinggal bersama Dewi Bulan, Chang 'E, dan mereka hewan-hewan yang dicintai," kata Chen.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Imlek 2023 Shio Kelinci Air, Ketahui Karakter Peruntungannya", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2023/01/17/131522827/imlek-2023-shio-kelinci-air-ketahui-karakter-peruntungannya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved