Urai Kepadatan Saat Malam Tahun Baru, Turis Dilarang Parkir di Sekitar Bukit Bintang Yogyakarta

Urai kepadatan lalulintas pada pergantian tahun di destinasi wisata Kabupaten Bantul Yogyakarta, pengunjung dilarang parkir di sisi barat Bukit Bintan

Ilustrasi Pantai Parangtritis di Bantul, Yogyakarta
Ilustrasi Pantai Parangtritis di Bantul, Yogyakarta. Pantai Parangtritis masih jadi tujuan utama wisatawan saat pelesir ke Bantul. (Ilustrasi Pantai Parangtritis di Bantul, Yogyakarta) 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM, YOGYAKARTA - Urai kepadatan lalulintas pada pergantian tahun di destinasi wisata Kabupaten Bantul Yogyakarta, pengunjung dilarang parkir di sisi barat Bukit Bintang.

Aparat Polres Bantul Yogyakarta melakukan berbagai upaya untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan atau kemacetan pada malam pergantian tahun.

Di antaranya melarang wisatawan memarkirkan kendaraannya di sisi barat Bukit Bintang, Sabtu (31/12/2022). Tidak hanya itu, masyarakat juga dilarang berjualan di sekitar lokasi tersebut.

Baca juga: Dinas Pariwisata Bantul Patok 150.000 Kunjungan Wisata Selama Libur Nataru

"Kita tempatkan anggota termasuk memasang barrier (pembatas) agar masyarakat tidak berjualan, tidak berhenti untuk foto-foto di sana termasuk tukang parkir tidak memarkirkan kendaraan di situ, sisi barat. Kami sudah koordinasi dengan juru parkir," kata Kapolres Bantul AKBP Ihsan kepada wartawan di Mapolres Bantul, Rabu (28/12/2022).

"Jadi pada tanggal 31 (Desember 2022) tidak ada mobil yang parkir di sisi barat (kawasan Bukit Bintang), biasanya kan untuk berhenti parkir lihat spot itu - kami akan luruskan semuanya, tidak boleh ada yang parkir di situ," imbuhnya.

Ihsan mengatakan, pihaknya akan menyiagakan posko pengamanan dan pemantauan di sekitar Bukit Bintang. Pihaknya juga menyiapkan beberapa upaya rekayasa arus lalu lintas, di antaranya di Jalan Yogya-Wonosari, Kapanewon Piyungan, Bantul.

Selain itu, terkait jalan ke tempat wisata di Mangunan, pihaknya akan memasang imbauan untuk menggunakan gigi kecil saat menanjak untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

Di jalur Ring Road Selatan juga akan ditempatkan petugas, terutama di sejumlah persimpangan jalan, untuk mengantisipasi kepadatan atau kecelakaan lalu lintas.

Peningkatan Kunjungan Wisatawan ke Pantai Parangtritis Sudah Terlihat

 

 

Ilustrasi pengunjung memadati Pantai Parangtritis, DI Yogyakarta, salah satu destinasi wisata populer di Indonesia. (SHUTTERSTOCKSEVYSTOCKS)
Ilustrasi pengunjung memadati Pantai Parangtritis, DI Yogyakarta, salah satu destinasi wisata populer di Indonesia. (SHUTTERSTOCKSEVYSTOCKS) (SHUTTERSTOCKSEVYSTOCKS)

Ihsan melanjutkan, sudah mulai ada peningkatan kunjungan ke kawasan Pantai Parangtritis.

Setiap hari, rata-rata ada 5.000 sampai 6.000 kendaraan melintas, kecuali pada akhir pekan lalu karena ada sekitar 17.000 kendaraan masuk kawasan wisata ini.

"Kami prediksi di tanggal 31 nanti akan melonjak, perkiraan kami sekitar 30.000-40.000 (kunjungan ke Parangtritis)," kata Ihsan.

Adapun pada tahun 2021, kendaraan yang masuk ke kawasan Pantai Parangtritis saat malam pergantian tahun 2022 berjumlah sekitar 30.000 kendaraan.

Padahal waktu itu masih diberlakukan PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat di Indonesia) Level 2. Pihaknya pun menyiapkan rekayasa lalu lintas di sepanjang Jalan Parangtritis.

Petugas juga akan ditempatkan di sejumlah persimpangan sepanjang Jalan Parangtritis. Ihsan menyebut, dari hasil koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bantul, tidak ada kegiatan pergantian tahun.

 

Live musicsic
Live music di Puncak Sosok Bantul tahun 2019. (KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA)

Pihaknya mendapatkan informasi ada beberapa kalurahan dan kapanewon yang akan menggelar kegiatan tersebut.

"Sudah saya sampaikan ke Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah), panewu silakan mengadakan acara saat malam pergantian tahun. Misal orang Dlingo tidak perlu ke Paseban, Malioboro. Orang Srandakan tidak perlu jauh-jauh ke Gabusan atau Malioboro, adakan aja acara di sana, tidak perlu ke Parangtritis juga kalau di sana sudah ada hiburan," terangnya.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved