Jabodetabek Siap Gelar 10 Event Meriahkan Acara Pergantian Tahun, Sandiaga: Jaga Keselamatan

Perayaan pergantian tahun selalu meriah di manapun lokasinya. Terutama perayaan itu dilaksanakan di tempat wisata atau lokasi ikonik daerah tersebut

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
Warga menyaksikan pesta kembang api pada malam pergantian tahun baru 2016 di kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Kamis (31/12/2015). Pertunjukan musik dan pesta kembang api memeriahkan puncak acara pergantian tahun di tempat ini. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO(KRISTIANTO PURNOMO) 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Perayaan pergantian tahun selalu meriah di manapun lokasinya. Terutama perayaan itu dilaksanakan di tempat wisata atau lokasi ikonik daerah tersebut.

Berbagai jenis acara ditampilkan, mulai dari yang tradisional hingga acara-acara kekinian kreasi para milenial.

Dan yang penting juga adalah acara ini dapat menarik turis, baik lokal maupun asing dalam jumlah banyak.

Baca juga: Pergantian Tahun, Jangan Tergoda Diskon di Mall dan Supermarket

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan, acara perayaan tahun baru boleh dilaksanakan asal tetap menjaga keselamatan dan keamanan.

"Arahan dari bapak Presiden (Joko Widodo), event (acara) Nataru (Natal dan tahun baru), khususnya yang berkaitan dengan kebudayaan, musik, dan event tahun baru lainnya boleh dilakukan," kata Menparekraf saat Weekly Press Briefing, Senin (19/12/2022).

Lebih lanjut dikatakan, pelaksanaan acara tahun baru nantinya akan dikoordinasikan dengan pihak kementerian, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, dan Polri.

Baca juga: Terkendala Anggaran Akibat Belum Pulihnya Kunjungan Wisata, Pemkab Bantul tak Gelar Acara Tahun Baru

Ia berharap masyarakat tetap menjaga keselamatan dan keamanan lantaran perayaan tahun baru ini akan digelar usai kendala pandemi Covid-19 selama dua tahun.

"Jadi kalau ada kegiatan di Monas, Bundaran HI, tetap perhatikan crowd control (pengendalian massa) dan early warning system-nya (sistem peringatan dini)," katanya.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (16/12/2022), saat ini ada 10 acara yang digelar saat perayaan acara tahun baru 2023 di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Baca juga: AJWLM Siapkan 1.000 Jeep Wisata Layani Wisatawan di Lereng Merapi Saat Liburan Natal dan Tahun Baru

Acara tersebut adalah:

* Acara di Bundaran HI
* Acara di Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
* JIExpo reSOULution 2023 (Covention Center and Theatre Jakarta)
* Playful Eve 2023 (Pullman Hotel Central Park)
* A Dazzling Night with Ruth Sahanaya (Hotel Grand Sahid Jaya)
* New Year's Eve Kampoeng Senayan 2023
* Beneath The Sea (Margo Hotel)
* Metaphoria (Summarecon Mall Serpong)
* New Year Spectalight (The Breeze BSD)
* New Years Eve 2023 (Summarecon Mall Bekasi)


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menparekraf: Event Tahun Baru Boleh Dilakukan Asal Jaga Keselamatan", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/12/20/080421227/menparekraf-event-tahun-baru-boleh-dilakukan-asal-jaga-keselamatan.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved