BCA Tanam 1.000 Pohon Durian di Kaki Gunung Sasak, Dukung Wisata Desa Bilebante Lombok

Untuk mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs, PT Bank Central Asia (Tbk) secara seremonial menanam 1.000 pohon durian, Selasa (29/11/22

Kompas.com/ Suci Wulandari Putri
Executive Vice President Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F Haryn menanam pohon durian di Gunung Sasak, Desa Bilebante, NTB. (Kompas.com/ Suci Wulandari Putri) 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Untuk mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs, PT Bank Central Asia (Tbk) secara seremonial menanam 1.000 pohon durian, Selasa (29/11/2022).

Penanaman pohon dilakukan di kaki Gunung Sasak, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Diharapkan dengan penanaman 1000 pohon durian ini akan memberikan dampak positif terhadap aspek ekonomi dan ekologi masyarakat di Desa Bilebante.

Baca juga: Cocok Bagi Penggemar Durian, Desa Gempolan Karanganyar Gelar Festival Durian Sampai Dua Hari Kedepan

"Ada sekitar 1000 pohon durian yang akan ditanam bersama masyarakat setempat," kata Executive Vice President Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F Haryn saat membuka acara seremonial tanam pohon di area kaki Gunung Sasak, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat, NTB pada Selasa (29/11/2022).

Hera mengatakan penanaman pohon durian di kaki gunung sasak diharapkan nantinya akan memberikan dampak positif terhadap aspek ekonomi dan ekologi masyarakat di Desa Bilebante.

Baca juga: Kopi & Susu, Serta 4 Jenis Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama dengan Durian

Menurut Hera, pohon durian sudah dapat menghasilkan buah saat usia delapan tahun, sehingga diharapkan buah tersebut dapat berdampak baik terhadap perekonomian masyarakat setempat.

Pohon durian dinilai punya peran penting bagi sektor wisata di Desa Bilebante. Hal ini dapat dilihat dari berkembangnya UMKM, pusat kerajinan, dan paket kunjungan wisatawan yang melibatkan durian di Desa Bilebante.

Sementara dari sisi ekologi, Hera mengatakan pohon durian yang ditanam saat ini akan memberikan manfaat besar terhadap lingkungan pada 20 tahun mendatang.

Es Durian
Es Durian (Tribun Kaltim)

"Pohon durian bisa menyerap karbon dioksida sebanyak 1,42 ton. Hal ini bisa berdampak baik terhadap lingkungan di masa depan supaya anak cucu kita bisa menghirup oksigen yang layak," katanya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa setelah acara seremonial penanaman pohon, nantinya pohon durian akan ditanam oleh kelompok tani Wana Sasak Lestari.

Mereka adalah kelompok pengelola hutan yang sudah mendapat izin dari Dinas Kehutananan Provinsi NTB.

Baca juga: Bisa Berakibat Fatal Makanan & Minuman Jenis Ini, Sebaiknya Tak Dikonsumsi Bersamaan dengan Durian

Kepala Dinas Lingkungan dan Kehutanan Pemerintah Provinsi NTB Julmansyah menyambut baik inisiasi penanaman pohon yang dilakukan oleh BCA.

"Kita punya program menuruni beban emisi sebesar 1 juta ton CO2 ekuivalen, serta mewujudkan ' NTB Net Zero Emisi 2050," kata Julmansyah saat acara seremonial penanaman pohon di area kaki Gunung Sasak, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat, NTB pada Selasa (29/11/2022).

Menurut Julamnsyah, program penanaman pohon durian yang dilakukan oleh BCA dinilai relevan dan dapat membantu menurunkan emisi karbon di NTB di masa depan.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dukung Wisata Desa Bilebante Lombok, BCA Tanam 1.000 Pohon Durian", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/11/30/100115527/dukung-wisata-desa-bilebante-lombok-bca-tanam-1000-pohon-durian.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved