Daya Tarik IKN Nusantara, 2,6 Juta Wisatawan Kunjungi Kalimantan Timur, Januari-November 2022

Daya tarik Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Kalimantan Timur mengundang rasa ingin tahu sejumlah masyarakat nusantara.

KOMPAS.COM/Ahmad Riyadi
Ribuan pengunjung memadati Titik Nol IKN Nusantara saat libur lebaran ini. (KOMPAS.COM/Ahmad Riyadi) 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Daya tarik Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Kalimantan Timur mengundang rasa ingin tahu sejumlah masyarakat nusantara.

Mereka penasaran dan ingin tahu perkembangan pembangunan IKN Nusantara yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara itu.

Jumlahnya bahkan mencapai jutaan orang. Periode Januari-November 2022, tepatnya Selasa (22/11/2022) tercatat 2,6 juta wisatawan domestik atau wisatawan nusantara berkunjung ke sana.

Baca juga: Jika Anda ke Titik Nol IKN, Jangan Lupa, 6 Ragam Budaya dan Destinasi Wisata Dekat Ibu Kota Negara

Ragam budaya di sekitar IKN Nusantara yang wajib dikunjungi jika Anda sedang di titik Nol IKN. Kompas.Com
Ragam budaya di sekitar IKN Nusantara yang wajib dikunjungi jika Anda sedang di titik Nol IKN. Kompas.Com (Kompas.Com)

 Jumlah tersebut melebihi target yang sebanyak dua juta wisatawan nusantara.

"Tahun lalu, kami tidak berani menargetkan tinggi untuk 2022 karena masih pandemi Covid-19 yang mengharuskan berbagai kegiatan yang dibatasi," kata Kabid Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur Restiawan Baihaqi, Rabu (23/11/2022).

Menurutnya, pelonggaran kegiatan masyarakat dari pemerintah pada April 2022 berdampak terhadap banyaknya wisatawan yang mengunjungi provinsi tersebut.

Adapun masyarakat yang tidak mengunjungi tempat wisata pun tetap melakukan kegiatan yang berhubungan dengan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Ia memberi contoh masyarakat yang menginap di hotel, makan, minum, dan membeli produk hasil UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah).

Baca juga: Kota Balikpapan Tengah Menggencarkan Pembangunan dan Promosi Pariwisata Bahari, Dekat dengan IKN


Tidak hanya itu, menurutnya, peran Kalimantan Timur sebagai lokasi Ibu Kota Nusantara (IKN), tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Tujuan kunjungan mereka pun beragam, mulai dari kerja hingga melihat potensi usaha di kawasan IKN dan sekitarnya.

"Hampir tiap hari saya menerima pertanyaan baik langsung, lewat telepon, bahkan secara daring tentang peluang usaha apa yang bisa dikembangkan di Kaltim," tuturnya.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Lebihi Target, Sebanyak 2,6 Juta Wisatawan Kunjungi Kalimantan Timur", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/11/24/153208727/lebihi-target-sebanyak-26-juta-wisatawan-kunjungi-kalimantan-timur.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved