Ingin Ganti Jadwal Penerbangan? Lebih Mudah Pakai Fitur Reschedule+ Traveloka, Begini Caranya

Tapi jangan khawatir, kini penumpang dapat menjadwal ulang atau reschedule menggunakan fitur Reschedule+ dari Traveloka.

Istimewa
Kondisi lalu lintas bandara yang padat biasanya menjadi penyebab pesawat mengalami delay atau keterlambatan. Istimewa 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Di tengah banyaknya rencana dan pilihan perjalanan wisata, sering terjadi kendala terutama pada teknis alat transportasi.

Akibatnya banyak pelaku perjalanan membatalkan atau menunda keberangkatan. Rencana jadi berantakan.

Tapi jangan khawatir, kini penumpang dapat menjadwal ulang atau reschedule menggunakan fitur Reschedule+ dari Traveloka.

Baca juga: Pakai Traveloka, Kini Calon Penumpang Bisa Berkali-kali Reschedule Tanpa Biaya Tambahan

Fleksibilitas dalam menjadwalkan ulang (reschedule) penerbangan menjadi pertimbangan penting bagi masyarakat saat merencanakan perjalanannya.

Seperti dikatakan Vice President of Transport Products and Insurance Business Traveloka Christian Nugroho.

Berdasarkan riset yang dilakukan, pihaknya menemukan bahwa selain harga tiket, konsumen juga peduli terhadap kepastian dan keamanan dalam memesan tiket pesawat.

"Salah satu aspek yang paling diperhatikan konsumen adalah reschedule. Tiket dengan reschedule yang baik menjadi kunci konsumen sangat percaya diri melakukan traveling," kata Chris dalam peluncuran fitur Reschedule+ Traveloka di Jakarta Pusat, Selasa (22/11/2022).

Itulah mengapa keberadaan fitur reschedule di platform perjalanan jadi opsi menarik dengan berbagai kemudahan, seperti yang ditawarkan Reschedule+ dari Traveloka.

Fitur Reschedule+ tidak hanya memberi opsi penggantian jadwal penerbangan saja, tapi juga maskapai dan rute tujuan.

Baca juga: Kesal karena Pesawat Delay, Penumpang Ini Ancam Ledakkan Bom di Bandara


Cara Mendapat Fitur Reschedule di Traveloka

Berikut sejumlah cara untuk mengganti jadwal, maskapai, atau rute penerbangan, menggunakan fitur Reschedule+ di Traveloka:

1. Konsumen dapat melakukan pembelian tiket melalui aplikasi atau laman Traveloka seperti biasa, memasukkan tanggal dan rute penerbangan

2. Lalu, di laman web atau aplikasi, pengguna bisa mencari logo Reschedule+ pada masing-masing jadwal penerbangan untuk menikmati fitur ini

3. Lanjut isi data lengkap calon penumpang seperti biasa

4. Setelah tiket terbit dan konsumen merasa perlu menggunakan fitur Reschedule+, maka bisa diakses dengan membuka menu My Booking di laman web maupun aplikasi Traveloka.

5. Ketika mengeklik fitur Reschedule+, akan ada dua pilihan, yaitu Regular Reschedule dan Reschedule+
6. Jika memilih fitur Reschedule+, konsumen akan diminta mengisi penggantian jadwal, atau penggantian rute, atau penggantian maskapai

Ilustrasi pesawat mendarat di malam hari (Pexels/Nguyen Hung)
Ilustrasi pesawat mendarat di malam hari (Pexels/Nguyen Hung) (Pexels/Nguyen Hung)

"Jadi akan memberikan fleksibilitas yang lebih komplet karena konsumen bisa mengganti ketiga aspek tersebut," ujar Chris

7. Barulah usai memutuskan ingin mengganti pilihan yang mana, konsumen tinggal klik tombol "Lanjutkan" dan melakukan pembayaran

8. Setelah pembayaran, tiket akan diterbitkan secara refund

"Jadi fitur ini bisa dilakukan secara mandiri oleh konsumen dan akan keluar secara instan," tambah Chris.
Untuk diketahui, saat ini fitur Reschedule+ Traveloka baru tersedia pada jadwal penerbangan sejumlah maskapai, seperti Wings Air, Lion Air, Batik Air, Super Air Jet, dan Citilink.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ganti Jadwal Pesawat Lebih Mudah Pakai Fitur Reschedule+ Traveloka, Ini Caranya", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/11/22/200800027/ganti-jadwal-pesawat-lebih-mudah-pakai-fitur-reschedule-traveloka-ini-caranya?page=all#page2.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved