Targetkan 8,2 Juta Wisatawan ke Sumbar, Pemprov Gelar Visit Beautiful West Sumatera

Inovasi dan kreativitas menjadi kata kunci untuk bersaing dalam era modewrn saat ini. Tanpa inovasi dan kreativitas anda akan ketinggalan.

PIXABAY/ARJEEPERS
Jam Gadang di Bukittinggi, Sumatera Barat. (PIXABAY/ARJEEPERS) 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Inovasi dan kreativitas menjadi kata kunci untuk bersaing dalam era modewrn saat ini. Tanpa inovasi dan kreativitas anda akan ketinggalan.

Maka harus inovatif dan kreatif.

Demikian juga dalam dunia pariwisata, pemerintah atau pengelola objek wisata harus membuat langkah-langkah strategis untuk menggaet wisatawan.

Baca juga: Ide Kreatif, Pemkab Solok Sumatera Barat Peringati HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Puncak Gunung Talang

Program Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023 menargetkan 8,2 juta kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke Sumatera Barat (Sumbar).

Salah satunya melalui sejumlah acara dan paket wisata.

"Kami sudah siapkan sejumlah strategi untuk bisa mencapai target 8,2 juta kunjungan wisatawan pada 2023," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat Luhur Budianda, Kamis (17/11/2022).

Ia menambahkan, pihaknya menyiapkan buku digital pariwisata dan 11 ahli di bidang pariwisata untuk menjadi Tim Kerja VBWS 2023.

Pihaknya juga meminta pemerintah kabupaten dan kota untuk menyiapkan tiga event (perhelatan) pada 2023 untuk penyusunan kalender event. Saat ini sudah ada 53 event yang didaftarkan dari 77 event.

Baca juga: Yuk ke Festival Kampung Kuliner Minangkabau, Ada Masakan Legendaris Sumatera Barat

"Kami juga minta dukungan dari organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov (Pemerintah Provinsi) Sumbar dalam konsep wisata meeting, incentive, conference, and exhibition (MICE)," ujarnya.

Tidak hanya itu, pihaknya bekerja sama dengan Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) terkait paket wisata hemat dan murah.

Terdapat pula paket-paket wisata dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

"Bulan November ini paket-paket wisata ini mulai dijual untuk dilaksanakan tahun 2023," tuturnya.

Target yang sama dengan jumlah kunjungan sebelum pandemi Covid-19

Baca juga: Jadi Jajanan Selama Bulan Ramadan, Lemang di Sumatera Barat Miliki Citarasa yang Nikmat

Sebagai informasi, target 8,2 juta kunjungan wisatawan sama dengan jumlah kunjungan wisatawan sebelum pandemi Covid-19 melanda atau pada tahun 2019.

Menurut data dari Dinas Pariwisata Sumatera Barat pada tahun 2020, jumlah kunjungan wisatawan menurun menjadi 8,02 juta kunjungan.

Namun, angka tersebut kemudian terjun menjadi 4,9 juta kunjungan pada tahun 2021.

Sementara itu, hingga Oktober 2022, jumlah kunjungan wisatawan ke provinsi tersebut tercatat mencapai 5,2 juta kunjungan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Visit Beautiful West Sumatera Bidik 8,2 Juta Wisatawan ke Sumbar", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/11/18/070400727/visit-beautiful-west-sumatera-bidik-8-2-juta-wisatawan-ke-sumbar.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved