Sandiaga Ingatkan Wisatawan Waspadai Penyebaran Omicron XBB, Tetap Ketat Prokes Saat Bepergian

Kasus subvarian baru Covid-19 Omicron XBB mulai merebak di Indonesia. P.emerintah melalui Menparektaf Sandiaga Uno mengingatkan seluruh warga waspada

SHUTTERSTOCKSEVYSTOCKS
Ilustrasi pengunjung memadati Pantai Parangtritis, DI Yogyakarta, salah satu destinasi wisata populer di Indonesia. (SHUTTERSTOCKSEVYSTOCKS) 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Kasus subvarian baru Covid-19 Omicron XBB mulai merebak di Indonesia. Pemerintah melalui Menparektaf Sandiaga Uno mengingatkan seluruh warga waspada.

Salah satunya ialah dengan mengedepankan protokol kesehatan dan aspek CHSE (Cleanliness, Health, Safety dan Environment Sustainability).

Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) mengimbau para pelaku pariwisata dan wisatawan agar waspada terhadap peningkatan kasus subvarian baru Covid-19 Omicron XBB, terutama selama bepergian.

Baca juga: Duh, MotoGp Mandalika Terancam Batal Gara-gara Omicron, Menkraf Lagi Atur Strategi

"Hati-hati para traveler, untuk terus mengedepankan protokol kesehatan, CHSE, dan penyebaran XBB Covid-19 ini untuk terus kita antisipasi," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing Kemenparekraf secara daring, Selasa (15/11/2022).

Ia menegaskan, agar penyebaran subvarian XBB terus diantisipasi supaya tidak mengakibatkan lonjakan kasus baru yang nantinya bisa mempengaruhi pemulihan sektor parekraf di Tanah Air.

"Agar tidak mengakibatkan lonjakan kasus baru yang kemungkinan berpotensi memperburuk situasi dan berdampak negatif terhadap pemulihan sektor parekraf," tuturnya.

Sandiaga juga meminta seluruh pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk melakukan vaksinasi booster (dosis ketiga), yang sejauh ini terbukti ampuh mencegah penularan dan penyebaran adanya varian Covid-19 tersebut.

Sebagaimana diberitakan Kompas.com (11/11/2022), Menteri Kesehatan Budi Sadikin mengungkapkan, subvarian baru Omicron XBB ini sudah mendominasi di Indonesia sejak tiga minggu terakhir.

Baca juga: Reservasi Hotel di Yogyakarta Tidak Terpengaruh, Meski Covid-19 Naik


Ia mengungkap, berdasarkan hasil penelusuran yang dilakukan Kemenkes, sebaran XBB saat ini paling banyak ditemukan di Kota Batam, dengan persentase mencapai 48 persen.

Menurut Budi Gunadi, varian itu lebih cepat menyebar di Kota Batam lantaran dekat dengan Singapura yang mengalami lonjakan kenaikan kasus.

"XBB paling banyak di Batam karena dekat dari Singapura. Berdasarkan hasil penulusuran untuk lokasi di Batam ya, ada 48 persen. Jadi, lebih banyak di sana karena tempat keluar dan masuk atau transit," kata Budi Gunadi mengutip Kompas.com, Jumat (11/11/2022).


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Waspada Omicron XBB Menyebar, Tetap Ketat Prokes Saat Bepergian", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/11/16/122027627/waspada-omicron-xbb-menyebar-tetap-ketat-prokes-saat-bepergian.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved