Bupati Sikka Fransiskus Roberto Serahkan Penghargaan Usai Umauta Juara 2 Desa Wisata Berkembang 2022

Usai menyabet gelar juara 2 Desa Wisata dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 Desa Umauta mendapat penghargaan dari Bupati Sikka

Dok. Jadesta Kemenparekraf
Foto Ilustrasi masyarakat Desa Wisata Umauta di Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT). (Dok. Jadesta Kemenparekraf) 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM, MAUMERE - Usai menyabet gelar juara 2 Desa Wisata dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 Desa Umauta mendapat penghargaan dari Bupati Sikka, NTT.

Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo menyerahkan penghargaan berupa piala dan bantuan sarana-prasarana penunjang destinasi wisata.

Penyerahan dilakukan di halaman Kantor Bupati Sikka, Senin (14/11/2022).

Baca juga: Bikin Bangga Kabupaten Sikka NTT, Umauta Masuk 50 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Warga Desa Wisata Umauta di Kecamatan Bola, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), menerima penghargaan setelah berhasil menyabet juara dua kategori Desa Wisata Berkembang dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Penghargaan berupa piala dan bantuan sarana prasarana penunjang destinasi pariwisata ini diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, di halaman Kantor Bupati Sikka, Senin (14/11/2022) pagi.

"Ini prestasi yang luar biasa untuk masyarakat Kabupaten Sikka, karena Desa Umauta bisa dapat juara dua desa wisata berkembang secara nasional," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sikka, Petrus Poling Wairmahing, pada Senin.

Ia merasa bangga lantaran dari 3.419 desa yang ikut ADWI 2022, Desa Wisata Umauta bisa meraih juara dua.

Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo didampingi Kadis Pariwisata
Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sikka Petrus Poling Wairmahing pose bersama warga Desa Umauta usai menyerahkan penghargaan di halaman Kantor Bupati Sikka, Senin (14/11/2022). (Kompas.com/Serafinus Sandi Hayon Jehadu)

Prestasi yang diraih warga Umauta, lanjutnya, telah melewati proses panjang, mulai dari persiapan hingga penilaian oleh tim juri independen.

Poling menerangkan bahwa selama tiga tahun terakhir, dua desa di Sikka, yakni Umauta dan Kojadoi, masuk 100 besar kategori desa wisata terbaik. Namun, dalam ajang ADWI 2022, hanya Umauta yang lolos peringkat 50 besar.

"Pada pertengahan Oktober 2022, tim penilai bersama Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) mengunjungi Umauta. Setelah lakukan penilaian juri memutuskan Umauta raih juara dua kategori desa wisata berkembang," jelasnya.

Perwakilan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Umauta, Cletus Beru, menyampaikan terima kasih kepada masyarakat dan pemerintah Kabupaten Sikka yang telah mendukung dan mendampingi mereka.

Baca juga: Hingga November 2022, Hampir 1.000 Wisatawan Kunjungi Desa Wisata Golo Loni NTT

Sedari awal Cletus optimistis desanya akan meraih juara dalam ajang ADWI 2022, terlebih setelah Deputi Kemenparekraf mengunjungi desanya sebulan lalu.

"Terima kasih atas dukungannya. Baru ini saja yang bisa kami berikan. Semoga ke depan bisa lebih baik lagi dan meraih juara di semua event," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, mengatakan, capaian yang didapat warga Desa Wisata Umauta tidak terlepas dari dukungan para leluhur.

Ia berharap, agar desa lain di Kabupaten Sikka bisa mengembangkan potensi yang ada di masing-masing desa, sehingga tidak hanya untuk mendongkrak perekonomian tetapi terlibat aktif dalam berbagai acara yang digelar pemerintah maupun lembaga lain.

Baca juga: Peroleh 140.547 Like, Desa Wisata Buluh Duri Jadi yang Terfavorit di ADWI 2022

"Saya sangat bangga dan ini prestasi yang luar biasa. Berkat usaha dan kerja keras kita semua Umauta raih juara dua desa wisata berkembang," katanya.

Sebagai informasi, juara pertama di kategori Desa Wisata Berkembang ADWI 2022 adalah Desa Wisata Pariangan di Tanah Datar, Sumatera Barat.

Kemudian juara ketiga adalah Desa Wisata Widosari di Kelurahan Ngargosari, Kecamatan atau Kepanewon Samigaluh, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY);

juara empat adalah Desa wisata Pandean di Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur; dan juara lima adalah Desa Wisata Pulau Sapi di Kecamatan Mentarang, Malinau, Kalimantan Utara.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Raih Prestasi di ADWI 2022, Warga Desa Umauta NTT Terima Penghargaan", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/11/14/193600727/raih-prestasi-di-adwi-2022-warga-desa-umauta-ntt-terima-penghargaan?page=all#page2.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved