PPLN yang Ingin Berkunjung ke China, Harus Tergabung Dalam Grup Wisata yang Dikelola Agen Perjalanan

Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata China membuat rancangan kebijakan untuk menumbuhkan sektor pariwisata dan memudahkan PPLN untuk masuk

UNSPLASH/Ling Tang
Foto Ilustrasi Forbidden City atau Kota Terlarang di China. UNSPLASH/Ling Tang 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata China membuat rancangan kebijakan untuk menumbuhkan sektor pariwisata dan memudahkan PPLN untuk masuk.

Melansir cnn.com, Rabu (21/9/2022), rancangan kebijakan tersebut menyatakan bahwa grup wisata yang dikelola oleh agen perjalanan di area perbatasan China dapat memilih pintu masuk dan keluar.

Ini menunjukkan bahwa Pemerintah China memang ingin melonggarkan syarat masuk untuk pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

Baca juga: Taiwan - Bali Kini Mulai Terhubung, China Airlines Terbang Rute Ini PP

Pada Senin (19/9/2022), Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata China mengeluarkan rancangan kebijakan yang bertujuan menumbuhkan sektor pariwisata, sekaligus memudahkan PPLN untuk masuk.

Dengan demikian, PPLN bisa melakukan perjalanan asalkan menjadi bagian dari grup wisata.

Namun, rancangan tersebut tidak membahas apakah PPLN wajib menjalani karantina atau tidak. Selain itu, lokasi dan tanggal penerapannya juga masih belum jelas.

Chongqing, ilustrasi
Ilustrasi Chongqing, China. Dok. UNSPLASH/Jerry Wang

Untuk diketahui, saat ini China tengah menerapkan kebijakan Zero COVID Policy. Dikutip dari bbc.com, Rabu (21/9/2022), kebijakan tersebut mencakup tes massal, pelacakan, dan isolasi ketat.

Lockdown seluruh kota bahkan bisa diberlakukan jika ada segelintir kasus. Hal tersebut dinilai mempersulitkan pelaku usaha, termasuk pertokoan, bar, dan restoran.

Baca juga: Kecepatannya Tembus 350 Kilometer per Jam, China Luncurkan Kereta Peluru


Tidak hanya itu, pada awal September 2022 lalu, penduduk di Negeri Tirai Bambu juga diimbau untuk tidak melakukan perjalanan dalam negeri sehubungan dengan adanya hari libur nasional.

Adapun beberapa minggu lalu negara ini juga dilaporkan telah memberlakukan lockdown untuk 65 juta penduduknya. Dilansir dari apnews.com, Senin (5/9/2022), sebanyak 33 kota menjalani lockdown penuh atau parsial.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "China Berencana Longgarkan Syarat Masuk Pelaku Perjalanan Luar Negeri", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/09/21/190500127/china-berencana-longgarkan-syarat-masuk-pelaku-perjalanan-luar-negeri.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved