Penumpang tak Perlu Repot, Begini Cara Check-In Online Lion Air dan Batik Air Lewat Aplikasi

Di tengah dunia yang makin canggih oleh teknologi yang berkembang begitu cepat, berbagai upaya dilakukan untuk efisiensi dan efektivitas setiap kegiat

Dok Lion Air
Ilustrasi pesawat Lion Air. Dok Lion Air 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Di tengah dunia yang makin canggih oleh teknologi yang berkembang begitu cepat, berbagai upaya dilakukan untuk efisiensi dan efektivitas setiap kegiatan.

Maskapai penerbangan memanfaatkan teknologi ini untuk memudahkan aktivitas penjualan dan pemesanan tiket dan keperluan penerbangan lainnya.

Termasuk check in online melalui aplikasi. seperti yang dilakukan Lion Air dan Batik Air.

Baca juga: Hindari Antrean Saat Check In, Seorang Pria Tiba di Bandara 13 Jam Lebih Awal

Penumpang Lion Air Group kini dapat melakukan check-in online melalui aplikasi Lion Air dan Batik Air.

“Layanan App Check-in terbaru memiliki keunggulan lebih praktis atau tak perlu repot-repot lagi melakukan check-in di bandar udara serta mengurangi kontak dengan keramaian atau mengurangi antrean,” kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, melalui keterangan yang diterima Kompas.com, Jumat (16/9/2022).

Selain itu, ada pula promo tambahan gratis bagasi sebesar dua kilogram bagi penumpang yang mengunduh aplikasi mobile Lion Air atau Batik Air untuk melakukan check-in.

Cara check-in Lion Air dan Batik Air melalui aplikasi

Ilustrasi maskapai Batik Air (Instagram/@batikair
Ilustrasi maskapai Batik Air. Batik Air akan mengudara kembali di Bandara Halim Perdanakusuma yang dibuka kembali untuk penerbangan komersial 1 September 2022 (Instagram/@batikair (Instagram: @batikair)

 

Berikut langkah-langkah untuk check-in lewat aplikasi untuk Lion Air dan Batik Air:

- Unduh aplikasi mobile Batik Air atau Lion Air sesuai pesawat yang akan ditumpangi.
- Buka aplikasi dan pilih menu Online Check-in.
- Masukkan kode pemesanan (booking reference number/PNR) di tiket yang terdiri dari enam karakter, yaitu enam huruf kapital dan nama belakang atas nama pelaku perjalanan.
- Baca dan pahami soal barang bawaan yang memenuhi aspek ketentuan keselamatan penerbangan (apakah tergolong barang berbahaya atau tidak).
- Pilih “Lanjut” (continue) untuk proses check-in dengan memilih penerbangan dan nama tamu sesuai tiket yang akan mengikuti penerbangan.
- Beri tanda centang di kolom yang tersedia.
- Proses check-in selesai.


Syarat check-in Lion Air dan Batik Air lewat aplikasi
Terdapat sejumlah ketentuan untuk calon pelaku perjalanan yang ingin check-in Lion Air dan Batik Air lewat aplikasi.

Simak berikut ini:
- Tersedia untuk para penumpang yang memiliki tiket penerbangan Lion Air Group rute dalam negeri. - Tersedia untuk pelaku perjalanan secara personal (perseorangan) atau pembukuan maksimal 10 orang (group booking).
- Dapat dilakukan 2-6 jam sebelum keberangkatan
- Berada di ruang tunggu (waiting room) terminal bandara 40 menit sebelum keberangkatan.


Layanan check-in lewat aplikasi ini tidak tersedia untuk:
* Pelaku perjalanan dengan jumlah penumpang lebih dari 10 orang dalam satu tiket (group booking). - Pelaku perjalanan yang membutuhkan bantuan khusus di bandara, misalnya:

- Penumpang dalam kondisi hamil.
- Unaccompanied Minor (UM) atau anak-anak berusia kurang dari 12 tahun yang bepergian sendirian.
- Penumpang yang membutuhkan kursi roda, stretcher case, atau penanganan khusus lainnya. - Pelaku perjalanan dengan penerbangan lanjutan beda maskapai, contohnya penerbangan Batik Air dilanjutkan Lion Air, Wings Air, atau maskapai lainnya.
- Bayi berusia di bawah dua tahun yang tidak menempati tempat duduk.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Check-In Online Lion Air dan Batik Air Lewat Aplikasi", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/09/20/190700127/cara-check-in-online-lion-air-dan-batik-air-lewat-aplikasi?page=all#page2.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved