Tiket Pesawat Mahal? Naik Kapal Pelni Aja

Harga tiket pesawat yang naik sangat signifikan memberatkan calon penumpang, sehingga sebagian penumpang beralih ke kapal Pelni sebagai alternatif

SHUTTERSTOCK/FABIO LAMANNA
Ilustrasi kapal Pelni yang melintas di Bandanaira. SHUTTERSTOCK/FABIO LAMANNA 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Kapal penumpang milik Pelni mulai mendapat limpahan penumpang yang sebelumnya adalah pelanggan pesawat terbang.

Harga tiket pesawat yang naik sangat signifikan memberatkan calon penumpang, sehingga sebagian penumpang beralih ke kapal Pelni sebagai alternatif.

Selain murah, fasilitas yang tersedia sudah cukup memadai dan memenuhi kebutuhan penumpang selama pelayaran.

Baca juga: Dampak Kenaikan Harga BBM, Tarif Kapal Pelni Belum Naik

Tingginya harga tiket pesawat membuat kapal Pelni kian dilirik masyarakat sebagai alternatif moda transportasi.

Hal ini tampak salah satunya dari meningkatnya jumlah pemesanan tiket kapal di tengah mahalnya opsi menggunakan transportasi udara.

"Ngaruh, sih. Tiket pesawat kan mahal banget, kayak dari sini (Jakarta) ke Batam naik pesawat itu bisa sejutaan, kalau naik kapal itu sekitar Rp 330.000-an," kata Supervisor Humas Pelni, Astri saat ditemui pada acara KAI Expo di Jakarta, Sabtu (17/09/2022).

Baca juga: Banyak Penumpang Beralih ke Kapal Pelni, Fasilitas Membaik dan Harga Tiket Pesawat Melonjak

Astri mengatakan bahwa saat ini harga tiket kapal Pelni masih sama dan belum mengalami kenaikan. "Harga tiket Pelni itu relatif stabil, saat ini masih sama dengan yang lama, belum ada pengaruh dengan kenaikan BBM," ujarnya.

Lebih lanjut, ada empat pelabuhan tujuan yang kenaikan penumpangnya cukup signifikan dalam beberapa waktu terakhir.

Empat pelabuhan itu adalah Medan, Makassar, Bitung, dan Ambon. "Ada empat pelabuhan yang permintaannya juga naik selama kenaikan tiket pesawat, ada Medan, Makassar, Bitung, dan Ambon," ujar dia.

Perbandingan harga tiket pesawat dan kapal Pelni

Berdasarkan pantauan Kompas.com, dari laman reservasi Pelni dan sejumlah online travel agent (OTA), berikut beberapa perbandingan harga antara kedua mode transportasi ini di sejumlah destinasi:

Harga tiket pesawat rute Jakarta ke Manado pada 3 Oktober 2022 mulai dari Rp 2,38 juta dengan waktu tempuh selama 3 jam 25 menit penerbangan langsung.

Sedangkan harga tiket kapal Pelni rute Jakarta-Bitung (Manado) pada hari yang sama (3/10/2022) adalah Rp. 689.000, dengan lama perjalanan lima hari 23 jam.

Harga tiket pesawat rute Jakarta-Medan pada 3 Oktober 2022 adalah mulai dari Rp 1,11 juta dengan penerbangan langsung selama 2 jam 20 menit.

Sedangkan harga tiket kapal Pelni rute Jakarta-Medan sebesar Rp 417.000 dengan perjalanan selama tiga hari dua malam dan transit terlebih dulu di Batam.

Harga tiket pesawat rute Jakarta-Denpasar pada 3 Oktober 2022 mulai dari Rp 957.220 dengan lama waktu penerbangan 1 jam 50 menit.

Baca juga: Rute Jawa Jadi Favorit, Pelni Tambah Rute Dari Balikpapan Jelang Mudik 2022

Jika ingin naik kapal, kamu harus ke Ende terlebih dulu, kemudian naik kapal rute Ende-Denpasar dengan harga tiket Rp 338.000 dan waktu tempuh satu hari 23 jam. Sebab, tidak ada kapal dari Jakarta ke Denpasar.

Perbedaan tarif naik pesawat dan kapal memang cukup signifikan. Namun, ada pertimbangan waktu tempuh yang cukup jauh antara dua moda transportasi tersebut.

Jika sedang tak terburu-buru dan ingin menikmati suasana di atas kapal laut, memilih moda transportasi laut bisa jadi pilihanmu.

Vaksin booster bagi calon penumpang kapal Pelni

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved