Ratu Elizabeth II dan Westminster Abbey, tak Terpisahkan

Ratu Elizabeth II dan Westminster Abbey ibarat laut dengan birunya, tak terpisahkan. Keduanya punya hubungan spesial. Apa sebabnya?

UNSPLASH/JACK B
Westminster Abbey, saksi pernikahan, penobatan, dan pemakaman Ratu Elizabeth II.(UNSPLASH/JACK B) 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Ratu Elizabeth II dan Westminster Abbey ibarat laut dengan birunya, tak terpisahkan. Keduanya punya hubungan spesial. Apa sebabnya?

Ratu Elizabeth II melangsungkan berbagai upacara terkait keberlangsungan Kerajaan Inggris di lokasi ini.

Mulai dari pernikahannya, pemahkotaan dirinya hingga pemakamannya, dilaksanakan di tempat ini.

Baca juga: Di Indonesia Jadi Santapan Favorit, Keluarga Kerajaan Inggris Justru Dilarang Makan Makanan ini

Pemakaman Ratu Elizabeth II digelar di Westminster Abbey, Senin (19/9/2022), sebelum dimakamkan di Kapel St. George di Windsor. Sejumlah pemimpin dunia, bangsawan, dan pejabat tinggi dunia hadir dalam kesempatan tersebut.

Di samping sebagai tempat menggelar prosesi pemakaman, Westminster Abbey adalah tempat penting dan bersejarah bagi Ratu Elizabeth.

Sebab, di tempat yang sama ia juga melangsungkan pernikahan dengan Pangeran Philip, 75 tahun silam. Tepatnya, pada 20 November 1947.

"Pernikahan itu berjarak hanya empat bulan (setelah pertunangan), pukul 10.30 pada 20 November 1947 di Westminster Abbey," tulis situs resmi keluarga Kerajaan Inggris, dikutip Kompas.com, Senin.

Westminister Abbey tak hanya jadi lokasi pernikahan Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip, tetapi juga beberapa anggota keluarga lain dari Kerajaan Inggris.

penobatan ratu elizabeth 2
Ratu Inggris Elizabeth II dan Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, melambaikan tangan mereka kepada para pendukungnya dari balkon di Istana Buckingham, setelah penobatannya di Westminster Abbey. London, Juni. 2, 1953.(AP PHOTO/IMAM via VOA INDONESIA)

Dikutip dari situs resmi Westminster Abbey, total ada 16 pernikahan keluarga Kerajaan Inggris yang digelar di sana dan tradisi ini sudah berlangsung sejak 900 tahun silam. Ini mulai dari Henry I yang menikahi Putri Matilda dari Skotlandia pada tahun 1100.

Sebelum Ratu Elizabeth, sang ayah, Raja George VI dan Lady Elizabeth Bowes-Lyon juga menikah di Westminster Abbey. Begitu pula dengan adik Elizabeth, Putri Margareth yang menikah dengan Antony Armstrong-Jones.

Anggota keluarga Kerajaan Inggris lainnya yang menikah di Westminster Abbey termasuk Putri Alexandra, serta anak dari Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip, Putri Anne dan Pangeran Andrew.

Pangeran William dan Kate Middleton juga menggelar pernikahannya di Westminster Abbey pada 2011.

Baca juga: Pangeran William Sering Melanggar Peraturan Penerbangan Kerajaan Inggris, Sering Dianggap A

Lokasi Penobatan jadi Ratu

Selain lokasi pernikahan, penobatan Putri Elizabeth menjadi Ratu Elizabeth juga dilaksanakan di Westminster Abbey, tepatnya pada 2 Juni 1953.

Dikutip dari situs keluarga Kerajaan Inggris, pengucapan sumpah dipimpin oleh Uskup Agung Canterbury, Dr Geoffrey Fisher.

Kapel St George di timur London
Kapel St George di Kastil Windsor, timur London, dimana Pangeran Harry dan Meghan Markle melangsungkan pernikahan 19 Mei 2018. AFP PHOTO / POOL / Dominic Lipinski (DOMINIC LIPINSKI)

Tempat Prosesi Pemakaman

Senin kemarin, Westminster Abbey menjadi saksi sejarah proses pemakaman pemegang takhta kekuasaan terlama Kerajaan Inggris tersebut.

Seperti dikutip Kompas.com, tradisi lying-in-state untuk jenazah Ratu Elizabeth II di Westminster Hall akan berakhir pada Senin pukul 06.30 waktu London atau 11.30 WIB.

Setelah upacara di Westminster Abbey, rombongan akan memindahkan peti mati Ratu Elizabeth II ke Kereta State Gun, diikuti oleh keluarga kerajaan. Peti akan dibawa ke Wellington Arch di Hyde Park Corner.

Adapun Kereta State Gun adalah kereta meriam field gun yang sebelumnya digunakan untuk pemakaman Ratu Victoria, Raja Edward VII, Raja George V, Raja George VI, Winston Churchill, dan Lord Louis Mountbatten.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved