Embung di Ketinggian 950 Mdpl Kembali Dikunjungi Warga, Pemkab Gunungkidul Perlu Benahi Fasilitas

Gunungkidul memang kaya objek wisata, dari laut hingga ke gunung. Keindahan alam hingga karya seni, kebudayaan dan adat istiadat.

SHUTTERSTOCK/DANANGPRAS
Embung Sriten di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. SHUTTERSTOCK/DANANGPRAS 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM, YOGYAKARTA - Gunungkidul memang kaya objek wisata, dari laut hingga ke gunung. Keindahan alam hingga karya seni, kebudayaan dan adat istiadat.

Semua dikelola dengan baik sehingga menjadi objek wisata yang menarik banyak wisatawan dan memberi kontribusi bagi daerah.

Objek yang rusak dibenahi, yang kurang ditambahi, ditingkatkan hingga menjadi baru.

Baca juga: Pindah ke Lokasi Baru di Embung Giwangan, Kontes Roket Air Taman Pintar Yogyakarta Digelar Lagi

Embung Batara Sriten di Kelurahan Pilangrejo, Kapanewon Nglipar, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali ramai dikunjungi wisatawan.

Meskipun, jumlahnya tak seramai sebelum pandemi. Embung yang berada diketinggian 950 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini akan menambah sejumlah fasilitas untuk pendukung atau mengundang lebih banyak kunjungan wisatawan.

"Sudah mulai ada pengunjungnya, terutama Sabtu dan Minggu atau pas liburan. Memang belum pulih seperti sebelum pandemi," kata Lurah Pilangrejo, Sunaryo saat ditemui di sela acara temu Bupati di Kawasan Embung Sriten, Kamis (15/09/2022).

Embung Batara Sriten Destinasi Wisata Minat Khusus

Sebab, untuk mencapainya, wisatawan harus menempuh perjalanan dengan tanjakan cukup curam. Diperlukan kendaraan yang prima dan kemampuan berkendara yang mumpuni untuk mencapai lokasi.

Namun, lelah dan usaha keras akan terbayar lunas dengan udara sejuk embung serta panorama indah ketika melihat ke sisi utara dan timur wilayah Jawa Tengah.

Sunaryo menambahkan, beberapa fasilitas yang akan ditambah termasuk realisasi pembangunan jembatan penghubung Padukuhan Sriten dan Ngangkruk, yang diharapkan bisa menambah kunjungan wisata.

"Jika akses keluar-masuknya lebih layak, tentu ekonomi warga kami akan jadi lebih baik," kata dia.

Baca juga: Pramugari Berikan Tips Agar Tidak Kembung di TikTok,Tipsnya Seperti Ini

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan, perlu ada dukungan lewat perbaikan infrastruktur agar bisa mendongkrak kehidupan masyarakat setempat.

"Paling tidak wilayah utara bisa setara dengan wilayah tengah dan selatan yang lebih maju," kata Sunaryanta.

Sunaryanta juga menilai perlu ada promosi yang lebih gencar agar lebih banyak wisatawan datang dan pada akhirnya berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat.

Penerangan sepanjang jalan menuju lokasi juga akan ditambah. Namun, akan dilakukan survei terlebih dahulu untuk menentukan titik pemasangan yang tepat.

"Untuk kapan pemasangan lampu kita lihat nanti," ujar Kepala Dinas Perhubungan Gunungkidul, Rakhmadian Wijayanto.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Embung Batara Sriten Gunungkidul Bakal Tambah Fasilitas Wisata", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/09/16/080600727/embung-batara-sriten-gunungkidul-bakal-tambah-fasilitas-wisata.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved