Pemprov Sumatra Utara Lirik Sektor Pariwisata, Wisatawan Mancanegara Mengalir, Gencarkan Promosi 

Sebagai daerah super prioritas bidang pariwisata Danau Toba menjadi wisata favorit turis, baik domestik maupun mancanegara.

SHUTTERSTOCK/PLOO GALARY
Pemandangan Danau Toba dari Bukit Holbung dan Janji Martahan, Sumatera Utara. Sumatera Utara mencatat peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara pada Juli 2022. SHUTTERSTOCK/PLOO GALARY 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM  - Dunia Pariwisata mulai bangkit, kunjungan turis domestik maupun mancanegara mulai mengalir deras ke berbagai lokasi tujuan wisata.

Terutama ke daerah-daerah yang ditetapkan sebagai kawasan super prioritas, seperti Danau Toba, Labuan Bajo dan beberapa lainnya.

Sebagai daerah super prioritas bidang pariwisata Danau Toba menjadi wisata favorit turis, baik domestik maupun mancanegara.

Baca juga: Dukung Pariwisata, Lion Air dan AirAsia Komitmen Tambah Penerbangan ke Danau Toba

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara bakal terus menggencarkan promosi wisata, termasuk mengembangkan destinasi-destinasi baru.

Hal ini dilakukan menyusul adanya peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke provinsi tersebut pada Juli 2022, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis beberapa waktu lalu.

"Ini satu hal yang baik untuk kita. Data BPS ini menunjukkan bahwa meningkatnya turis yang datang ke sini, artinya mereka percaya bahwa negara kita sudah aman dari penyebaran Covid-19," ujar Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah, Selasa (6/9/2022), seperti dikutip dari Tribun Medan.

Menurut data BPS, jumlah wisman yang berkunjung ke Sumut pada Juli 2022 mencapai 7.518 kunjungan. Jumlah tersebut melonjak jika dibandingkan dengan Juli 2021, yakni hanya 28 orang.

Sementara pada Mei 2022, ada 3.861 wisman yang berkunjung ke Sumatera Utara dan 5.165 wisman pada Juni.

Baca juga: Sensasi Camping di Tepi Danau Toba


Menurut politisi yang akrab disapa Ijeck tersebut, peningkatan kunjungan wisman tak terlepas dari promosi wisata dan perhelatan yang telah dilakukan oleh pemerintah pusat, provinsi, maupun daerah, bersama instansi lainnya.

Misalnya, sebelumnya telah digelar Jungle Trail Run di Bukit Lawang dan Kejurnas Rally. Pada 23-25 September 2022 juga akan digelar Asia Pacific Rally Championship 2022 (APRC), dengan peserta yang datang dari berbagai negara.

Bersama dengan upaya menggencarkan promosi wisata, Ijeck mengingatkan agar protokol kesehatan tetap dikedepankan. "Ini (promosi wisata) terus kita gencarkan," tuturnya. Pengembangan wisata baru

fahombo anak nias lompat batu
Tradisi lompat batu Fahombo yang dilakukan anak laki-laki masyarakat Nias, Sumatera Utara. Sumatera Utara mencatat peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara pada Juli 2022. (dokumentasi Kemenparekraf)

Pada kesempatan yang sama, Ijeck juga mengimbau adanya peningkatan pelayanan wisata di masing-masing destinasi.

Selain itu, Sumut juga akan berupaya mengembangkan destinasi-destinasi baru, tidak hanya memajukan destinasi yang sudah cukup populer.

Adapun beberapa destinasi yang sudah cukup dikenal luas, seperti Danau Toba, Nias, Tangkahan, dan Bukit Lawang.

"Banyak destinasi-destinasi lain lagi yang akan kita kembangkan di Sumut," ujar Ijeck.

Selain itu, ia juga mengingatkan agar perbaikan infrastruktur terus diperhatikan, serta edukasi kepada masyarakat agar siap melayani wisatawan-wisatawan yang datang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kunjungan Wisman Meningkat, Sumatera Utara Gencarkan Promosi Wisata", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/09/06/175014427/kunjungan-wisman-meningkat-sumatera-utara-gencarkan-promosi-wisata?page=all#page2.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved