Sudah Diingatkan, Wisatawan Ini Tetap Terbangkan Drone di Pulau Kalong Labuan Bajo, Ini Alasannya

Pulau Kalong masuk kawasan Taman Nasional Komodo atau TN Komodo. Pulau ini dihuni ribuan kelelawar.

WIKIMEDIA COMMONS/KHOIRUL AMRI
Kawasan Pulau Kalong di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. WIKIMEDIA COMMONS/KHOIRUL AMRI 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM, LABUAN BAJO - Pulau Kalong masuk kawasan Taman Nasional Komodo atau TN Komodo. Pulau ini dihuni ribuan kelelawar.

Sejumlah aktivitas pengunjung di sekitar pulau ini memang dilarang untuk menghindari gangguan terhadap satwa yang dilindungi ini.

Termasuk menerbangkan drone di kawasan itu dengan alasan apapun.

Baca juga: Spot Snorkeling dan Diving di Perairan Pulau Gili Lawa Kawasan TN Komodo, Tetap Buka Pasca-kebakaran

Sejak hari Minggu (4/9/2022), beredar video wisatawan yang terlihat menerbangkan drone dari kapal di perairan Pulau Kalong, Taman Nasional Komodo atau TN Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Aktivitasnya direkam warga yang berada tak jauh dari kapal tersebut.

Pada Senin (5/9/2022), wisatawan itu minta maaf melalui rekaman video. Ia mengakui bahwa tindakannya itu adalah kesalahannya.

"Berkaitan dengan berita yang viral di Labuan Bajo, ada yang terbangkan drone di Pulau Kalong. Itu adalah saya," ujarnya dalam video itu.

"Tadinya sebelum menerbangkan drone, saya sudah dikasih tahu oleh crew dan guide agar tidak boleh. Tetapi karena saya melihat momen yang indah, seketika saya langsung menerbangkan drone tanpa pikir panjang," imbuhnya.

pulau kalong di sore hari
Menikmati matahari tenggelam di Pulau Kalong, di kawasan TN Komodo, NTT, Selasa (13/11/2018). KOMPAS.COM/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA

Sebelumnya dilaporkan oleh Kompas.com, Senin (5/9/2022), video viral tersebut mengundang pertanyaan soal boleh tidaknya menerbangkan drone di Pulau Kalong.

Ketua Asosiasi Kapal Wisata (Askawi) Labuan Bajo, Ahyar Abadi, mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilarang.

"Pulau Kalong itu kan red zone yang tidak boleh terbangkan drone," kata Ahyar, dikutip dari Kompas.com.

Menurutnya, penerbangan drone di wilayah pulau itu dapat mengganggu psikologis kelelawar yang bersarang di lokasi tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Terbangkan Drone di Pulau Kalong TN Komodo, Wisatawan Ini Minta Maaf", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/09/06/090500827/terbangkan-drone-di-pulau-kalong-tn-komodo-wisatawan-ini-minta-maaf.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved