Yuk Berkunjung ke Gunungkidul Sekarang, Bunga Amarilis Sudah Mulai Mekar, Bagus untuk Foto

Bagi para pencinta, khusus di Yogyakarta dan Jawa Tengah bergegaslah ke Gunungkidul karena saat ini Bunga Amarilis sudah mekar.

KOMPAS.COM/MARKUS YUWONO
Kebun Bunga Amarilis di Patuk, Gunungkidul, DI Yogyakarta. Minggu (4/9/2022) KOMPAS.COM/MARKUS YUWONO 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM, YOGYAKARTA - Bunga adalah simbol cinta, simbol keindahan dan simbiol-simbol kebahagiaan lainnya. Bunga selalu dicari orang.

Bagi para pencinta, khusus di Yogyakarta dan Jawa Tengah bergegaslah ke Gunungkidul karena saat ini Bunga Amarilis sudah mekar.

Diperkirakan Bunga Amarilis ini akan mekar hingga satu pekan ke depan. Cocok untuk foto.

Baca juga: Maskapai Garuda Komit Majukan Pariwisata, Tambah 12 Penerbangan ke Manado Dukung Festival Bunga

Kebun Bunga Amarilis di Kelurahan Salam, Kapanewon atau Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mekar lebih awal tahun 2022 ini.

Padahal, biasanya Bunga Amarilis baru akan mekar pada akhir Bulan Oktober sampai awal November.

"Sudah mekar 12 hari sekarang. Memang diluar kebiasaan," kata pemilik kebun Bunga Amarilis bernama Sukadi kepada Kompas.com di rumahnya, Minggu (4/9/2022).

Menurut dia, Bunga Amarilis berbunga karena turun hujan lebat pada pertengahan Agustus 2022. Setelah itu, bunga yang biasanya muncul akhir Oktober itu bermekaran.

"Jadi ceritanya tanggal 14 Agustus (2022) lalu itu hujan lebat sampai ada butir es. Itu memicu, bunga bermekaran," kata Sukadi.

Baca juga: Salah Satunya Rafflesia Arnoldii, Berikut 7 Daftar Bunga Terbesar di Dunia


Ia melanjutkan, bunga yang oleh masyarakat setempat diberi nama Puspa Patuk, yang tumbuh di antara bebatuan itu akan mekar sampai sepekan lagi.

"Kira-kira masih semingguan bunganya mekar dan masih bagus untuk foto," kata dia.


Gratis Masuk Kebun Bunga Amarilis Gunungkidul

pemandangan indah kebun bunga amarilis
Ilustrasi Bunga Amarilis yang berbunga setahun sekali di Gunungkidul, Yogyakarta.  SHUTTERSTOCK/YUYUN SANDIKA

Dia mengatakan, tidak ada tiket masuk saat ini. Namun demikian, dirinya menjual bibit Amarilis.

Adapun harga bibit umbian Rp 3.000 perbiji, pakai Polybag dan ikat berisi tiga batang dijual Rp 10.000 "Tidak ada tiket masuk, kami hanya jualan bibit," kata dia.

Dari pengamatan Kompas.com Minggu, ada belasan wisatawan yang datang. Biasanya mereka berkunjung ke taman bunga ini setelah selesai berwisata dari kawasan pantai.

Sebagian besar menikmati kebun bunga sambil berfoto-foto menggunakan perangkat smartphone.

"Bunganya indah, cocok untuk foto," kata Slamet salah satu warga Kota Yogyakarta yang sedang berkunjung kepada Kompas.com.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hujan Lebat Agustus 2022, Bunga Amarilis di Gunungkidul Mekar Lebih Awal", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/09/04/155555127/hujan-lebat-agustus-2022-bunga-amarilis-di-gunungkidul-mekar-lebih-awal?page=all#page2.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved