Yuk Berkunjung ke Beijing-Hangzhou Grand Canal, Kanal Terpanjang di Dunia Telah Dibuka untuk Umum

Negeri Tirai Bambu China mencetak berbagai rekor dunia dalam banyak hal, dalam berbagai bidang, olahraga, seni, infrastruktur, kebudayaan, ekonomi

Dok Pemerintah Kota Cangzhou
Ilustrasi kanal terpanjang di dunia yang dibuka untuk wisatawan di Cangzhou di wilayah utara China. Dok Pemerintah Kota Cangzhou 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Negeri Tirai Bambu China mencetak berbagai rekor dunia dalam banyak hal, dalam berbagai bidang, olahraga, seni, infrastruktur, kebudayaan, ekonomi hinga pertahanan dan keamanan.

Terkini ada satu kanal buatan terpanjang di dunia dibangun dan dibuka untuk umum, sejak Kamis (1/9/2022).

Kanal itu diberi nama Beijing-Hangzhou Grand Canal atau Kanal Besar Beijing-Hangzhou, tepat bagian Kota Cangzhou di Provinsi Hebei, China.

Baca juga: India Bakal Geser China, Jumlah Penduduk Dunia 2022 Diperkirakan Capai 8 Miliar

"Kami dan lebih dari 230 perwakilan masyarakat di kota berkumpul untuk menyaksikan pembukaan pariwisata di kawasan pusat Kota Cangzhou di Beijing-Hangzhou Grand Canal," kata Wali Kota Cangzhou, Xiang Hui, dari keterangan resmi yang Kompas.com terima, Senin (5/9/2022).

Sebanyak 15 kapal siap mengantar wisatawan yang ingin menyusuri kanal, sekaligus menikmati peninggalan-peninggalan sejarah dan budaya Kota Cangzhou di sepanjang perairan tersebut.

Baca juga: Untuk Apa China Membangun Kota Tiruan yang Sama Persis dengan Paris?

Kota ini juga telah merenovasi delapan jembatan, serta membangun 12 pelabuhan baru untuk pariwisata dan enam jembatan baru di sepanjang Grand Canal.

Proyek-proyek ini merupakan bagian dari upaya untuk menggiatkan sektor pariwsata.

Beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi adalah Hundred Lions Garden, Canal Park, Nanchuanlou Cultural Block, Garden Expo Park, taman olahraga, dan akomodasi.

Baca juga: China Luncurkan Kereta Peluru, Kecepatannya Mencapai 350 Kilometer per Jam

Untuk diketahui, Beijing-Hangzhou Grand Canal memiliki panjang 1.794 kilometer (km), sedangkan seperdelapannya ada di Kota Cangzhou dengan panjang 13,7 kilometer.

Bagian ini berperan penting guna meningkatkan perkembangan wilayah Beijing-Tenjin-Hebei di China Utara.

Sesuai namanya, Beijing-Hangzhou Grand Canal bermula di Beijing di utara dan berakhir Hangzhou di selatan.

Pada zaman dahulu, perairan ini merupakan jalur transportasi yang penting dan memiliki sejarah lebih dari 2.500 tahun, sehingga dijuluki pula sebagai kanal tertua di dunia.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kanal Terpanjang di Dunia Dibuka untuk Wisatawan di China", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/09/05/080546327/kanal-terpanjang-di-dunia-dibuka-untuk-wisatawan-di-china.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved