Taiwan - Bali Kini Mulai Terhubung, China Airlines Terbang Rute Ini PP

Tanda-tanda pariwisata Indonesia mulai pulih. Kota-kota atau daerah tujuan wisata utama tanah air, satu per satu mulai terhubung dengan negara-negara

Dok. Angkasa Pura I
Pesawat China Airlines yang tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, Bali, pada Jumat (2/9/2022). (Dok. Angkasa Pura I) 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Tanda-tanda pariwisata Indonesia mulai pulih. Kota-kota atau daerah tujuan wisata utama tanah air, satu per satu mulai terhubung dengan negara-negara asal wisatawan dunia.

Salah satu faktor pendukungnya adalah transportasi dan akomodasi. Transportasi dan akomodasi terkait erat dengan dunia pariwisata.

Bali, Labuan Bajo, Danau Toba dan destinasi prioritas tanah air lainnya mulai bisa diakses oleh penerbangan internasional. Ini tanda pulihnya pariwisata nasional.

Baca juga: Terbersih Ketiga di Dunia, Desa Penglipuran di Bali Mulai Terapkan e-ticket untuk Pengunjung

Maskapai China Airlines telah melayani rute Taiwan - Bali secara reguler, ditandai dengan mendaratnya pesawat rute tersebut di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada Jumat (2/9/2022) sore.

"Dengan kembali beroperasinya penerbangan China Airlines yang menghubungkan Taiwan dengan Bali, kini jumlah rute penerbangan yang terhubung dengan Bali menjadi sebanyak 22 rute," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi, lewat keterangan resmi yang Kompas.com terima, Minggu (4/9/2022).

Pesawat dengan nomor penerbangan CI771 ini mendarat di Bali pukul 15.00 Wita. Armada ini mengangkut 163 penumpang, setelah terbang selama 5,5 jam.

Selanjutnya, pesawat yang sama terbang kembali ke Bandara Taoyuan, Taiwan, pada hari yang sama pukul 16.21 Wita.

Pesawat ini bernomor penerbangan C1772. China Airlines rute Taiwan-Bali dijadwalkan beroperasi dua kali dalam sepekan, yakni pada hari Selasa dan Jumat.

penumpang pertama dari taiwan
Salah satu penumpang pesawat China Airlines yang mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada Jumat (2/9/2022). (Dok. Angkasa Pura I)

"Penerbangan ini juga menambah jumlah maskapai yang melayani penerbangangan internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai menjadi sebanyak 24 maskapai penerbangan," tutur Faik.

Ia menambahkan bahwa pada tahun 2019 lalu, tercatat ada sekitar 50 rute penerbangan internasional dan 35 maskapai penerbangan internasional yang beroperasi di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Baca juga: Mulai 1 September 2022 Batik Air Terbangi Rute Bali-Labuan Bajo Pergi-Pulang

"Angka inilah yang minimal menjadi target kami, sehingga pariwisata Bali dapat kembali bangkit, sehingga dapat menyumbang terhadap pemulihan ekonomi Bali dan nasional," ujarnya.

Untuk diketahui, sebelum pandemi Covid-19 melanda, bandara ini telah melayani 231.525 wisatawan mancanegara (wisman) asal Taiwan periode tahun 2019.

Rinciannya, ada 116.099 wisman asal Taiwan yang mengunjungi Bali, dan 115.426 wisman asal Taiwan yang terbang meninggalkan Pulau Dewata.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "China Airlines Layani Rute Taiwan-Bali PP", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/09/05/060300627/china-airlines-layani-rute-taiwan-bali-pp.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved