3 Kali Seminggu, Maskapai Penerbangan AirAsia Menambah Rute Domestik Jakarta-Silangit

Pembukaan rute domestik baru bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional melalui pariwisata dan transportasi di sejumlah kawasan.

KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH
Bandara Silangit resmi menjadi bandara internasional, Silangit, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Sabtu (28/10/2017). Maskapai AirAsia resmi membuka rute domestik Jakarta-Silangit, Sumatera Utara, yang akan terbang tiga kali dalam seminggu, mulai hari ini, Jumat, (2/9/2022). (KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH) 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Pembukaan rute domestik baru bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional melalui pariwisata dan transportasi di sejumlah kawasan.

Selain itu juga mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke berbagai objek wisata.

Juga menjadi opsi lain penerbangan dengan harga terjangkau.

Baca juga: AirAsia dan Jetstar Kemungkinan Layani Penerbangan Internasional Langsung ke Labuan Bajo

Perkembangan terakhir, maskapai AirAsia resmi membuka rute domestik Jakarta-Silangit, Sumatera Utara, yang akan terbang tiga kali dalam seminggu, mulai hari ini, Jumat, (2/9/2022).

Selain menyediakan pilihan penerbangan yang terjangkau, hal ini juga sejalan dengan fokus pemerintah mengembangkan kawasan Danau Toba sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP).

"Pembukaan rute ini tujuannya untuk recovery penerbangan nasional yang terdampak pandemi, dan juga sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui pariwisata dan transportasi di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba," kata Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine di Bandara Internasional Silangit, Sumatera Utara

Adapun penerbangan rute Jakarta-Silangit akan menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang dengan jatah bagasi gratis 20 kg.

Ia berharap, penerbangan rute baru ini juga bisa meningkaykan peluang untuk menghubungkan wisatawan lokal dan mancenegara ke berbagai destinasi wisata, dengan harga tiket yang bersaing.

Baca juga: Dukung Pariwisata, Lion Air dan AirAsia Komitmen Tambah Penerbangan ke Danau Toba

“Kami sangat bersyukur menjadi bagian dari pengembangan pariwisata Indonesia melalui pembukaan rute-rute baru yang menghubungkan destinasi favorit turis lokal dan mancanegara," ujarnya.

Adapun Silangit adalah bandara terdekat dari danau vulkanis terbesar di dunia, Danau Toba, yang memiliki panorama alam menakjubkan serta merupakan satu dari lima DSP yang menjadi prioritas pemerintah.

Pemerintah sebelumnya juga sudah mengungkapkan komitmen untuk terus menambah jumlah penerbangan ke Danau Toba.

"Terkait pembangunan (destinasi) super prioritas kami terus tingkatkan dengan beberapa terobosan, seperti penerbangan langsung di mana AirAsia sudah berkomitmen akan menambah penerbangan ke Bandara Silangit dan Kualanamu,.

Baca juga: Sensasi Camping di Tepi Danau Toba

Juga beberapa maskapai lainnya seperti Lion Air yang juga akan menambah penerbangan ke sini," ungkap Sandiaga dalam upacara pembukaan W20 di Parapat, Kabupaten Simalungun, Selasa (19/07/2022), seperti dikutip Kompas.com (20/7/2022) dari Tribun Medan.

Seiring dengan penambahan jumlah penerbangan, maka ketersediaan kursi juga ikut meningkat. Oleh karena itu, Sandiaga berharap harga tiket pesawat menuju dan dari Danau Toba ke depannya akan lebih terjangkau.

Sehingga, perjalanan ke Danau Toba akan memberikan kesan positif bagi semua yang menjalaninya, termasuk wisatawan mancanegara.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "AirAsia Hadirkan Penerbangan Rute Jakarta-Silangit", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/09/02/172742827/airasia-hadirkan-penerbangan-rute-jakarta-silangit.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved