Gamelan dari Keraton Dibunyikan Selama Satu Minggu pada Upacara Sekaten, Pasar Malam Hanya Pelengkap

Rangkaian acara memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW atau Sekaten tahun 2022 ini kembali digelar di Yogyakarta dan Solo.

SITUS PEMERINTAH KOTA SURAKARTA
Grebeg Maulud pada puncak perayaan Sekaten di Solo, Sabtu (9/11/2019). SITUS PEMERINTAH KOTA SURAKARTA 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Rangkaian acara memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW atau Sekaten tahun 2022 ini kembali digelar di Yogyakarta dan Solo.

Sekaten di Yogyakarta dan Solo prinsipnya sama, yakni merupakan rangkaian acara peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Terdapat dua acara yang ditunggu-tunggu masyarakat berkaitan dengan perayaan Sekaten, yakni upacara Sekaten itu sendiri dan pasar rakyat atau pasar malamnya.

Baca juga: Bekas Kampus STIE Kerjasama Jalan Parangtritis jadi Lokasi Pasar Malam Sekaten Yogyakarta 2022

Pada dasarnya, baik di Solo maupun Yogyakarta, acara Sekaten ini tidak ada bedanya. Sebab Sekaten merupakan rangkaian acara untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Biasanya, Sekaten digelar dengan mengadakan acara memainkan gamelan yang berasal dari keraton. Ada pula pasar malam atau pasar rakyat sebagai pemeriah acara Sekaten.

“Gamelan akan dibawa ke masjid besar dan dibunyikan selama satu minggu, kemudian diakhiri dengan upacara Grebeg Maulud,” kata Carik Kawedanan Radya Kartiyasa Keraton Yogyakarta Siti Amirul Nur Sundari pada Kompas.com, Senin (29/08/2022).

Kapan Sekaten'>Upacara Sekaten Tahun 2022

Mengikuti penanggalan Kalender Jawa atau Maulud, yakni 5 sampai 12 Rabiul Awal atau 1-7 Oktober 2022. Puncaknya pada tanggal 8 Oktober 2022.

“Upacara Sekaten Yogyakarta dimulai dengan acara mios, keluarnya Gamelan Kyai Guntur Laut dan Nogo Wilogo (gamelan di Keraton Yogyakarta) dari Bangsal Ponconiti (dalam keraton) ke Masjid Besar,” tambah Siti.

Ketika penabuhan gamelan sudah dilakukan selama seminggu, pada Jumat malam, gamelan akan dikembalikan lagi ke Keraton.

siapkan gamelan di bangsal
Gamelan Sekaten sedang disiapkan di Bangsal Pradonggo halaman Masjid Agung Surakarta (Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya)

Dilanjutkan pada tanggal 8 Oktober 2022, yaitu Grebeg Maulud yang berisi parade prajurit dan kirab gunungan.

Ketika gamelan dibawa ke Masjid Agung atau Masjid Besar, biasanya dapat ditonton oleh penduduk sekitar.

Untuk upacara penabuhan gamelan atau Sekaten'>Upacara Sekatennya, biasanya dilakukan di Masjid Besar Pakualam untuk Yogyakarta dan Masjid Agung Keraton Surakarta di Solo.

Namun, untuk Yogyakarta sendiri masih belum bisa dipastikan apakah upacaranya akan diselenggarakan di Masjid Besar Pakualam lagi seperti masa sebelum pandemi atau berbeda. Keputusan ini masih menunggu keputusan dari pihak Keraton Yogyakarta.

 

Pasar Malam Sebagai Pembuka Sekaten

Berbeda dengan upacara Sekaten, acara Pasar Malam Sekaten ini merupakan acara pelengkap, pemeriah, dan pembuka rangkaian acara Sekaten yang akan diadakan sebulan penuh.

Nantinya acara ini juga dapat diikuti oleh seluruh masyarakat.

 

pasar rakyat solo
Ilustrasi pelaksanaan pasar malam Sekaten Solo.(KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA)

Maka dari itu, pasar malam Sekaten dijadwalkan lebih awal, yakni pada 16 September - 16 Oktober 2022.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved