Beberapa Anjungan dan Museum Sedang Direvitalisasi, Uji Coba Pembukaan TMII Diadakan Oktober 2022

Direktur Eksekutif TMII, Emilia Eny Utami membeberkan rencana uji coba pembukaan Taman Mini Indonesia Indah atau TMII untuk masyarakat umum.

KOMPAS.com/Viona Pricilla
Tampak Luar Gedung Keong Mas di Taman Mini Indonesia Indah (KOMPAS.com/Viona Pricilla) 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM  - Direktur Eksekutif TMII, Emilia Eny Utami membeberkan rencana uji coba pembukaan Taman Mini Indonesia Indah atau TMII untuk masyarakat umum.

Menurut Emilia Eny Utami, uji coba pembukaan TMII di Jakarta Timur akan dilaksanakan pada Oktober-Desember 2022.

Kepada Kompas.com, Rabu (31/08/2022) Emili Eny Utami mengatakan pembukaan sepenuhnya itu akan dilaksanakan pada 1 Januari 2023.

Baca juga: PARADE Foto Taman Lampion dan Permainan Rakyat di Jakarta Fair

Saat ini proses revitalisasi tempat wisata itu masih berlangsung, meliputi beberapa anjungan dan museum.

"Kita merencanakan di bulan Oktober ini, akan diadakan uji coba operasional untuk wisatawan," kata Direktur Eksekutif TMII, Emilia Eny Utami, Rabu (31/8/2022).

"Kita baru akan running full opening-nya (pembukaan sepenuhnya) itu di 1 Januari 2023," imbuhnya.

Baca juga: Isi Liburan Panjang, Berikut Deretan Taman Hiburan Terbaik di Indonesia yang Pantas Dikunjungi

Uji coba ini mempertimbangkan beragam kebaruan yang akan dihadirkan di TMII setelah revitalisasi selesai. Kebaruan ini mulai dari renovasi di setiap anjungan, museum-museum, sistem parkir mobil, hingga sistem ticketing.

Pada uji coba nanti, ticketing alias pembelian tiket masuk akan dilakukan secara online. Namun, tidak menutup kemungkinan dalam masa uji coba ini tiket masuk bisa dibeli langsung di tempat.

"Dalam masa transisi ini, kita ticketing masih 80 persen secara online, yang on-site nanti masih ada 20 persen. Itu hanya sampai bulan Desember," jelas Emilia.

Soal harga tiket masuk, ia mengatakan bahwa tidak ada perubahan. "(Harga) tiketnya masih Rp 25.000," ujarnya.

Revitalisasi TMII untuk mendukung G20

Untuk diketahui, revitalisasi di TMII ini mengacu Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 116 Tahun 2021 tentang Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur untuk Mendukung Penyelenggaraan Acara Internasional di Provinsi Bali, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Di dalam Perpres itu sendiri, dilakukan revitalisasi salah satunya adalah untuk mendukung kegiatan side event presidensi G20. Jadi, semua ini, sarana ini, dikhususkan untuk arahnya ke sana (mendukung presidensi G20)," jelas Emilia.

Ia menambahkan, per tanggal 26 Agustus 2022 lalu, sudah diadakan side event G20 di area Plaza Keong Emas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Uji Coba Pembukaan TMII Diadakan Oktober 2022, Harga Tiket Tak Berubah", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/08/31/190907327/uji-coba-pembukaan-tmii-diadakan-oktober-2022-harga-tiket-tak-berubah.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved