Sandiaga Sebut Gunungkidul Punya Kombinasi Wisata Gunung dan Laut, Cocok untuk Sport Tourism

Keindahan alam yang kini menjadi objek wisata Kabupaten Gunungkidul di Daerah Istimewa atau DI Yogyakarta sudah dikenal masyarakat luas

DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF
Ilustrasi sport tourism. Gunungkidul DIY dinilai cocok untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata olahraga atau sport tourism. DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.CO/M, YOGYAKARTA - Keindahan alam yang kini menjadi objek wisata Kabupaten Gunungkidul di Daerah Istimewa atau DI Yogyakarta sudah dikenal masyarakat luas.

Keindahan alam ini menjadi berkah bagi masyarakat Gunungkidul, karena popularitas Gunungkidul sudah menjangkau level nasional, bahkan sudah mendunia.

Kombinasi wisata gunung dan pantai serta laut menghasilkan irama yang saling bertautan, terkait dan terhubung satu sama lain.

Baca juga: Lengkap, Potensi Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, dari Keindahan Alam hingga Kekayaan Budaya

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menilai Gunungkidul di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah destinasi yang cocok untuk wisata berbasis olahraga atau sport tourism. Salah satunya adalah faktor cuaca.

Gunungkidul juga memiliki kombinasi wisata gunung dan laut yang memberi keunggulan tersendiri.

Hal ini diungkapkan Sandiaga setelah sesi lari pagi bersama Bupati Gunungkidul Sunaryanta.

"Cuaca sangat mendukung dan alamnya sangat indah dan kita tidak akan pernah temukan di destinasi lain ," kata Sandiaga di lobi Hotel Santika

Adapun sport tourism di Indonesia diprediksi bisa menciptakan peluang usaha dan mencetak hingga 1,1 juta lapangan pekerjaan tahun ini.

Baca juga: 200 Ribu Lebih Wisatawan Serbu Gunungkidul Yogyakarta Saat Libur Sekolah


"Jalurnya masih sangat asri alami jalan pedesaan sensasi benar-benar terasa sangat berbeda dengan berlari diperkotaan. Jadi sangat rekomen. Mungkin bisa menjadi pertimbangan dari para wisatawan ke Gunungkidul," kata Sandi ditemui di lobby hotel Santika Gunungkidul-Jogja, Gunungkidul Rabu (31/08/2022).

Selain melihat potensi pengembangan wisata olahraga, Sandiaga juga menilai Bumi Handayani punya sederet destinasi lainnya yang menarik untuk dijelajahi, termasuk desa wisata.

Salah satu desa wisata di Gunungkidul, yakni Desa Eisata Nglanggeran, pernah menyabet predikat desa wisata terbaik di dunia dari Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO). "Saya sangat senang kembali ke Gunungkidul," ucap Sandiaga.


Voli Pantai hingga Panjat Tebing

voli pantai daya tarik baru
Sirnas Voli Pantai di Pantai Sepanjang, Gunungkidul, Rabu (22/6/2022). KOMPAS.COM/MARKUS YUWONO

Adapun Gunungkidul memang sejak beberapa waktu terakhir fokus mengembangkan wisata olahraga.

Salah satu gelaran olahraga yang digelar di destinasi wisata Gunungkidul, seperti dikutip dari Kompas.com (15/6/2022), adalah voli di Pantai Sepanjang pada 22-26 Juni.

Selain voli, aktivitas wisata olahraga yang dapat dikembangkan di Gunungkidul termasuk panjat tebing, selancar, hingga sepak bola pantai.

"Melihat alam dan objek wisata di Gunungkidul mendukung khususnya di pantai, saat ini kami fokus ke sport tourism," kata Kepala Dinas Pariwisata, Gunungkidul, M. Arif Aldian saat ditemui di Pantai Sepanjang, Rabu (15/6/2022).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Gunungkidul Cocok untuk Wisata Olahraga, Menurut Sandiaga", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/08/31/102100127/alasan-gunungkidul-cocok-untuk-wisata-olahraga-menurut-sandiaga?page=all#page2.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved