Besok, Kamis 1 September 2022 Bandara Halim Perdanakusuma Buka Kembali untuk Penerbangan Komersil

Bandara Halim Perdanakusuma yang terletak di Jakarta Timur ini, mulai besok, Kamis 1 September 2022 kembali melayani penumpang komersil.

KOMPAS.com/STANLY RAVEL
Suasana Bandara Halim Perdanakusuma, Kamis (7/6/2018). Usai revitalisasi, Bandara Halim Perdanakusuma kembali dibuka untuk penerbangan komersial mulai 1 September 2022. KOMPAS.com/STANLY RAVEL 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Bandara Halim Perdanakusuma yang terletak di Jakarta Timur ini, mulai besok, Kamis 1 September 2022 kembali melayani penumpang komersil.

Penumpang yang dilayani masih terbatas pada 4 kota di Jawa, Bali dan Sumatra.

Kota di pulau Jawa yang dilayani adalah Surabaya dan Malang, Denpasar di Bali dan Kota Padang di Sumatera

Baca juga: Hasil Uji Coba Menhub Budi Karya, Bandara Halim Buka Lagi untuk Umum pada September 2022

Bandara Halim Perdanakusuma dibuka kembali untuk penerbangan komersial mulai Kamis, (1/9/2022).

Sebelumnya, bandara yang berlokasi di Jakarta Timur ini sempat ditutup sejak Januari 2022 untuk revitalisasi.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan memastikan seluruh fasilitas bandara, baik sisi darat maupun udara kini sudah siap untuk kembali melayani penerbangan komersial.

"Kami telah melakukan proses verifikasi terhadap fasilitas di gedung terminal dan telah ditindaklanjuti oleh AP II (PT Angkasa Pura II),” ujar Plt. Dirjen Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (30/08/2022).

Kemenhub meminta AP II berkomunikasi dengan pemangku kepentingan lainnya untuk memastikan aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan, serta pemenuhan terhadap seluruh regulasi terpenuhi.

Baca juga: Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup Sementara Hari Ini, Berikut Area yang Diperbaiki


Selain itu, juga agar pengaturan rute penerbangan dapat disesuaikan kembali, terutama beberapa rute yang dialihkan ke bandara lain.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung penuh hingga Bandara Halim siap dioperasikan kembali," ucapnya.

Pengoperasian kembali Bandara Halim Perdanakusuma diyakini akan meningkatkan konektivitas dan meningkatkan utilitas armada, sehingga dapat berkontribusi terhadap upaya pemberlakuan tarif yang lebih terjangkau.

Maskapai Citilink Terbang Lagi dari Bandara Halim

citilink dari halim tujuan 4 kota
Maskapai Citilink. Usai revitalisasi, Bandara Halim Perdanakusuma kembali dibuka untuk penerbangan komersial mulai 1 September 2022. Dok. PT CITILINK INDONESIA

Seiring pembukaan kembali bandara, Maskapai Citilink mengumumkan akan kembali mengudara di Bandara Halim Perdanakusuma mulai Kamis, dengan 4 kota tujuan.

“Pada tahap awal, Citilink akan melayani penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma menuju Surabaya, Denpasar, Padang, dan Malang,” kata Direktur Utama Citilink Dewa Kadek Rai, Selasa.

Baca juga: Lusa, Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup, Penerbangan Dialihkan ke Lima Bandara Terdekat


Total tercatat 12 penerbangan maskapai Citilink yang kembali beroperasi di Bandara Halim Perdanakusuma, dengan detail penerbangan sebagai berikut:

- SurabayaJakarta (Halim) QG 171: Berangkat 05.30 WIB, tiba 07.00 WIB

- Jakarta (Halim) – Denpasar QG 192: Berangkat 08.50 WIB, tiba 11.45 WITA

- DenpasarJakarta (Halim) QG 195: Berangkat 12.15 WITA, tiba 13.10 WIB

- Jakarta (Halim) – Denpasar QG 194: Berangkat 13.40 WIB, tiba 16.45 WITA

- DenpasarJakarta (Halim) QG 197: Berangkat 17.45 WITA, tiba 18.40 WIB

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved