Sekitar 200 Homestay Laris Dipesan Jelang Dieng Culture Festival XIII

Ratusan homestay sudah dipesan wisatawan baik lokal hingga mancanegara, untuk bisa menyaksikan festival yang diselenggarakan di dataran tinggi Dieng

KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA
Dataran Tinggi Dieng dilihat dari Gunung Prau. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Dampak positif dari penyelenggaran Dieng Culture Festival XIII terhadap perkembangan ekonomi riil sangat nyata terlihat.

Ratusan homestay sudah dipesan wisatawan baik lokal hingga mancanegara, untuk bisa menyaksikan festival yang diselenggarakan di dataran tinggi Dieng ini.

Jika wisatawan itu bertahan selama 2-3-4 hari itu justru lebih baik.

Baca juga: Dieng Culture Festival 2022 Digelar September, Ada Aksi Bersih Lestari dan Pagelaran Seni Tradisi

Penginapan di Desa Dieng Kulon, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, habis dipesan wisatawan menjelang acara Dieng Culture Festival XIII pada 2-4 September 2022.

"Seluruh homestay di Dieng Kulon yang jumlahnya mencapai kisaran 200 unit telah habis dipesan oleh wisatawan, demikian pula dengan hotel," kata Ketua Panitia Dieng Culture Festival XIII, Alif Faozi, Selasa (30/8/2022).

Selain homestay di Desa Dieng Kulon, lanjutnya, wisatawan juga memesan homestay di sejumlah desa di sekitar lokasi acara, yakni di Dataran Tinggi Dieng.

Salah satunya di Desa Dieng Wetan di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, yang 90 persen homestay-nya sudah dipesan.

Alif mengatakan bahwa sejumlah rumah penduduk di Desa Dieng Kulon yang belum dijadikan homestay juga siap menerima calon pengunjung yang ingin menginap.

Baca juga: Prediksi Embun Es di Dataran Tinggi Dieng, Jika Malam Cerah tanpa Angin, Pagi Akan Muncul Upas

dataran tinggi dieng kadang berembun
Kawasan Dataran Tinggi Dieng dilihat dari atas Gunung Bismo, Wonosobo. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA

"Beberapa pemilik homestay yang belum dihubungi wisatawan juga telah berkoordinasi dengan kami agar bisa diinformasikan kepada calon wisatawan jika masih ada homestay yang dapat digunakan," tutur Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa ini.

Tidak hanya itu, beberapa basecamp pendakian Gunung Prau juga mulai membuka area perkemahan (camping ground) untuk wisatawan.

Untuk diketahui, Dieng Culture Festival XIII diadakan secara luring setelah digelar secara hybrid selama dua tahun.

Beberapa kegiatan yang ada dalam acara ini adalah Aksi Bersih Dieng, QRIS Jazz di Atas Awan, Kirab Budaya dan Pemotongan Rambut Gimbal, serta Kongkow Budaya dan Talk-show Ngopi Ngapak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Homestay di Dieng Laris Dipesan Jelang Dieng Culture Festival XIII", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/08/30/210500627/homestay-di-dieng-laris-dipesan-jelang-dieng-culture-festival-xiii.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved