AirAsia dan Jetstar Kemungkinan Layani Penerbangan Internasional Langsung ke Labuan Bajo

Rute penerbangan yang terlalu panjang dan harus transit beberapa kali sangat  membosankan bagi para wisatawan terutama dari mancanegara

UNSPLASH/AGATA HEPY PUSPITASARI
Labuan Bajo, NTT. UNSPLASH/AGATA HEPY PUSPITASARI 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Rute penerbangan yang terlalu panjang dan harus transit beberapa kali sangat  membosankan bagi para wisatawan terutama dari mancanegara.

Hal ini coba diantisipasi dengan menghadirkan penerbangan internasional yang menghubungkan langsung dengan objek wisata atau destinasi wisata, seperti Labuan Bajo.

Ini juga membuka peluang bagi wisatawan untuk berlama-lama di lokasi wisata.

Baca juga: Mulai 1 September 2022 Batik Air Terbangi Rute Bali-Labuan Bajo Pergi-Pulang

Saat ini pemerintah tengah berupaya membuka jalur penerbangan internasional langsung ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, pihaknya telah menjajaki kemungkinan penerbangan langsung ke Labuan Bajo bersama beberapa maskapai, seperti AirAsia dan Jetstar.

"Kami berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk membuka jalur penerbangan langsung yang bisa untuk penerbangan internasional dan sudah ada minat, salah satunya dari AirAsia dan mungkin Jetstar yang akan kami kembangkan ke depan," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing secara online, Senin (29/08/2022).

Adapun saat ini, maskapai yang memiliki penerbangan langsung ke Labuan Bajo hanyalah Lion Group dan Garuda Group.

Baca juga: Uskup Ruteng Minta UMKM Lokal Tingkatkan Kualitas Produk dalam Festival Golo Koe di Labuan Bajo

Sementara wisatawan mancanegara harus transit terlebih dahulu di kota lain, sebelum menuju ke Labuan Bajo.

Jika berangkat dari Singapura, misalnya, bahkan ada kemungkinan wisatawan harus transit dua kali sebelum terbang ke Labuan Bajo.

Sandiaga menambahkan, perkembangkan pariwisata, termasuk akses wisatawan, akan terus diupayakan mengingat Labuan Bajo adalah satu dari lima Destinasi Super Prioritas (DSP).

Pada kesempatan yang sama, Sandiaga juga mengingatkan bahwa Bandara Internasional Komodo di Labuan Bajo sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo setelah dilakukan revitalisasi.

Baca juga: Dorong Pertumbuhan Ekraf, Labuan Bajo Gelar Festival Golo Koe, Tonjolkan Kekayaan Budaya & Spiritual

Saat ini, bandara tersebut dapat digunakan secara reguler dan menampung hingga 1,1 juta penumpang.

Diharapkan kehadiran Bandara Internasional Komodo dan penambahan kapasitasnya dapat membantu meningkatkan perekonomian di Labuan Bajo.

"Sudah digunakan secara reguler dan penambahan kapasitas bisa menampung 1,1 juta penumpang," jelas Sandiaga.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Upayakan Penerbangan Internasional Langsung ke Labuan Bajo", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/08/29/190818027/pemerintah-upayakan-penerbangan-internasional-langsung-ke-labuan-bajo.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved