Komitmen Gubernur DI Yogyakarta, Pantai di Selatan DIY Tidak Boleh Privat, Harus Terbuka untuk Umum

Pantai-pantai di wilayah selatan Daerah Istimewa Yogyakarta diperuntukan bagi warga umum atau wisatawan, manca maupun domestik. 

KOMPAS.Com/ANGGARA WIKAN PRASETYA
Salah satu pantai di selatan DI Yogyakarta, Pantai Wediombo, Gunungkidul. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM, YOGYAKARTA - Pantai-pantai di wilayah selatan Daerah Istimewa Yogyakarta diperuntukan bagi warga umum atau wisatawan, manca maupun domestik. 

Oleh karena itu keberadaan pantai-pantai tidak untuk privat tapi untuk kepentingan wisatawan atau pengunjung.

Jika komitmen itu mau direalisasikan maka perlu ada kunjungan atau inspeksi ke lokasi-lokasi yang dianggap melanggar komitmen ini.

Baca juga: 1 Dasawarsa UU Keistimewaan DIY, Tim SAR Satlinmas Upacara Tengah Laut di Pantai Baron, Sabtu Pagi

Penerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berkomitmen menjaga kawasan pantai agar bisa dinikmati wisatawan atau masyarakat yang berkunjung.

Hal itu disampaikan Kepala Bagian Bina Pemerintahan/Kelurahan/Kapanewon/Kemantren Biro Tata Pemerintahan Sekretaris Daerah DIY KPH Yudhanegara yang juga menantu Gubernur DI Sri Sultan Hamengku Buwono X.

"Kita tetap melaksanakan visi dan misi Pak Gubernur yang salah satunya ke arah selatan dan juga arahan Pak Gubernur pantai tidak privat, tapi ditentukan buat umum dan untuk wisata lainnya," kata Yudhanegara ditemui wartawan di Pantai Baron, Sabtu (27/8/2022).

Pernyataan tersebut ia sampaikan saat peringatan 10 tahun pelaksanaan Undang-undang Keistimewaan DIY di kawasan Pantai Baron.

Adapun peringatan juga dilakukan untuk menjaga adat dan tradisi karena ada rangkaian acara melarung gunungan.


Penataan Kawasan Pantai di DIY

Sementara itu, Panindra Keistimewaan Aris Eko Nugroho menjelaskan bahwa pihaknya akan mempelajari terkait tanah yang disebut dikuasai investor.

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan dinas terkait, seperti Satpo PP yang melakukan penertiban sesuai dengan Peraturan Daerah.

1 dasawarsa diy
Peringatan Satudasawarsa UU Keistimewaan di Tengah Pantai Baron Sabtu (27/8/2022). KOMPAS.COM/MARKUS YUWONO

"Kita bersama-sama untuk menjaga Jogja tetap kondusif. Jangan sampai yang ada diregulasi kita langgar sendiri," kata dia

Aris melanjutkan, penataan kawasan pantai di DIY juga harus sesuai dengan regulasi yang sudah ada.

"Berkunjung ke pantai melihat laut dan juga keindahan alam, bukan melihat kios-kiosnya. Kita berharap ke depan penataan disepakati dengan masyarakat," ujar Aris.

Menurut dia, Pemda DIY akan mendukung penataan kawasan pantai, tanpa menggusur mereka yang sudah sesuai dengan regulasi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pantai di Yogyakarta Tidak Boleh Privat, Harus Terbuka untuk Umum", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/08/28/090800627/pantai-di-yogyakarta-tidak-boleh-privat-harus-terbuka-untuk-umum.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved