Java Balloon Attraction 2022 Digelar di Wonosobo, Puluhan Balon Udara Bakal Hiasi Langit Kota Itu

Balon udara saat ini telah menjadi objek wisata dan daya tarik baru di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Dok. Paguyuban Balon Wonosobo
Ilustrasi balon udara di langit Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Dok. Paguyuban Balon Wonosobo 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Balon udara saat ini telah menjadi objek wisata dan daya tarik baru di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Kehadiran balon udara ini perlu disambut baik untuk menambah warna-warni dunia pariwisata tanah air agar tak menjenuhkan.

Selain itu juga menjadi objek wisata pilihan yang bisa mendatangkan pendapatan bagi pemerintah daerah setempat.

Baca juga: Bagaimana Rasanya Naik Balon Udara di Cappadocia? Kesana Yuk

Sekitar 25 balon udara akan menghiasi langit Wonosobo dalam acara Java Balloon Attraction 2022 pada Minggu (4/9/2022) di Taman Rekreasi Kalianget di Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

"(Balon akan) mengikuti alunan musik lengger konsepnya. Seperti (pertunjukan) air mancur - di musik seperti ini ketinggiannya segini. Ada yang tingginya 15 meter, 30 meter, (jadi) enggak sejajar. Dibikin formasi," jelas Ketua Komunitas Balon Wonosobo, Agam Setyobudi, kepada Kompas.com, Jumat (26/8/2022).

Agam menerangkan bahwa 25 balon yang akan ditambatkan tersebut berasal dari 25 kelompok yang berbeda.

Mereka pernah menjadi peserta Festival Balon Udara Piala Bupati di Wonoland yang kemudian dipilih untuk mengikuti acara ini.

"Di Wonoland ada 55 balon. Kita seleksi lagi, yang paling bagus kita naikkan saat Java Balloon Attraction 2022," ujarnya.

Adapun ketinggian balon-balon berbahan kertas yang akan ditampilkan ini juga diatur sedemikian rupa, sehingga bisa dinikmati dengan maksimal oleh pengunjung.

sejumlah besar masyarakat menyaksikan balon udara
Ilustrasi sejumlah besar warga menyaksikan balon udara di langit Kota Wonosobo, Jawa Tengah. Dok. Paguyuban Balon Wonosobo

"Tinggi maksimal 150 meter, tapi ketika balon ditambatkan terlalu tinggi, keindahannya juga kurang. Paling nanti (tingginya) di angka 30-45 meter. Itu ukuran paling bagus ketika dinikmati, difoto, atau dilihat. Motif masih kelihatan jelas, enggak terlalu ketinggian," terangnya.

Dilansir dari akun Instagram Dinas Pariwisata Wonosobo, Java Balloon Attraction 2022 menerapkan tiket masuk mulai dari Rp 2.000.

Selain balon udara, akan ada pentas kesenian dan bazaar. Acara ini akan berlangsung dari pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB. Pembatasan waktu ini, kata Agam, guna menghindari angin kencang.

"Kalau sudah melebihi jam itu, sebenarnya anginnya sudah besar, jadi kurang bagus untuk penerbangan balon karena kita kan musuhnya angin," katanya.

Balon Menjadi Bagian dari Tradisi di Wonosobo

 

sudah jadi bagian dari masyarakat wonosobo
Ilustrasi balon udara di Wonosobo, Jawa Tengah. Dok. Paguyuban Balon Wonosobo

Agam mengatakan bahwa kegiatan menerbangkan balon telah menjadi tradisi masyarakat di Wonosobo, khususnya ketika Hari Raya Idul Fitri.

Kegiatan ini, lanjutnya, memiliki makna keindahan dan perayaan. "Selama H+1 sampai H+7 (Lebaran), langit Wonosobo penuh dengan balon," katanya.

Berdasarkan data yang ada, pada tahun 2018 ada sekitar 1.500 perajin balon di Wonosobo. Siapa pun boleh menerbangkan balon, tapi sejauh ini kebanyakan per desa.

Dana untuk membuat balon biasanya berdasarkan urunan seikhlasnya per kepala keluarga. Ada pula bantuan berupa konsumsi.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved