1 Dasawarsa UU Keistimewaan DIY, Tim SAR Satlinmas Upacara Tengah Laut di Pantai Baron, Sabtu Pagi

Pantai Baron di Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta kembali menggelar upacara tengah laut, Sabtu 27 Agustus 2022.

KOMPAS.COM/MARKUS YUWONO
Kawasan Pantai Baron, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. KOMPAS.COM/MARKUS YUWONO 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM, YOGYAKARTA - Pantai Baron di Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta kembali menggelar upacara tengah laut, Sabtu 27 Agustus 2022.

Pagi ini upacara yang digelar bukan lagi dalam rangka peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Perhelatan kali ini dalam rangka memperingati 1 dasawarsa UU Keistimewaan Yogyakarta.

Baca juga: Banyak Peserta Gagal Tembus Titik Pengibaran di Laut Pantai Baron, Upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan RI

Tim SAR Satlinmas kembali menggelar upacara tengah laut di Kawasan Pantai Baron di Kabupaten Gunungkidul, Sabtu (27/8/2022), untuk memperingati satu dasawarsa Undang-Undang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)

"Besok (Sabtu) pagi mulai jam 08.00 WIB," kata Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono saat dihubungi melalui telepon, Jumat (26/8/2022).

Marjono menambahkan, sebelum upacara, akan dilaksanakan kenduri di aula pelataran Pantai Baron, kemudian ada arak-arakan menuju kapal untuk pelaksanaan upacara di tengah laut. Usai melarungkan 10 tumpeng, acara selanjutnya adalah upacara.

"Berbeda dengan upacara laut saat (Upacara) 17-an kemarin, besok upacara menggunakan perahu," katanya.

Suasana Pantai Baron, Gunungkidul, DI Yogyakarta Selasa (24/5/2022) Dok SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul
Suasana Pantai Baron, Gunungkidul, DI Yogyakarta Selasa (24/5/2022) Dok SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul (Dok SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul)

 

Ketika upacara, balon akan dilepaskan ke udara dan tim SAR Satlinmas seluruh DIY akan membentuk formasi angka 10 di sekitar Pantai Baron. Hal ini menunjukkan angka satu dasawarsa UU Keistimewaan DIY.

"Pesertanya SAR Satlinmas Wilayah I sampai VIII, dan nantinya akan ada 20 kapal nelayan," tuturnya. Untuk diketahui, sebelumnya upacara ini sempat akan digelar pada Rabu (31/8/2022), namun dimajukan karena diperkirakan gelombang akan tinggi.

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul M Arif Aldian menambahkan, upacara yang digelar akhir pekan ini bisa disaksikan wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul.

Acara ini diharapkan bisa menarik wisatawan, karena momentum langka adanya upacara di tengah laut. "Acara ini diselenggarakan dari Satpol PP DIY," kata Arif.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Besok, Upacara Tengah Laut Akan Digelar di Pantai Baron Gunungkidul", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/08/26/180600127/besok-upacara-tengah-laut-akan-digelar-di-pantai-baron-gunungkidul.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved