Spot Snorkeling dan Diving di Perairan Pulau Gili Lawa Kawasan TN Komodo, Tetap Buka Pasca-kebakaran

Meski bukit Gili Lawa di kawasan Taman Nasional Komodo atau TN Komodo terbakar hingga puluhan hektare, namun area snorkeling dan diving tetap buka

KOMPAS/HERU SRI KUMORO
Wisatawan menikmati pemandangan saat senja di atas bukit di Gili Lawa Darat di Kawasan Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Selasa (29/8). Selain alam lautnya, pesona darat di kawasan ini juga menjadi daya tarik wisatawan. KOMPAS/HERU SRI KUMORO 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM, LABUAN BAJO - Meski bukit Gili Lawa di kawasan Taman Nasional Komodo atau TN Komodo terbakar hingga puluhan hektare, namun area snorkeling dan diving tetap buka.

Perairan Gili Lawa yang menjadi lokasi snorkeling dan diving tetap buka. Ini untuk memberikan kesempatan kepada wisatawan yang suka diving atau snorkeling.

Selain itu juga agar selalu ada pemasukan bagi pelaku usaha wisata di lokasi tersebut.

Baca juga: Anggota DPRD Kabupaten Manggarai Barat Minta Kenaikan Tarif Masuk TN Komodo Flores NTT Dibahas Ulang

Lokasi snorkeling dan diving (menyelam) di perairan Pulau Gili Lawa di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT), masih dibuka untuk wisatawan pasca-kebakaran yang melanda Gili Lawa beberapa hari lalu.

"Wisatawan tetap dapat beraktivitas di lokasi selam permukaan (snorkeling) dan lokasi diving di wilayah perairan Resort Gili Lawa," kata Kepala Balai Taman Nasional Komodo Lukita Awang, Kamis (25/8/2022).

Baca juga: Objek Wisata Pulau Gili Lawa di TN Komodo Kabupaten Manggarai Barat Terbakar, Kini Ditutup Sementara

Sebelumnya pada Minggu (21/8/2022), terjadi kebakaran hebat di Pulau Gili Lawa yang juga berlokasi di Kabupaten Manggarai Barat ini.

Peristiwa itu mengakibatkan akses wisatawan ditutup sementara hingga pemberitahuan selanjutnya.

Lukita mengatakan, penutupan sementara dilakukan untuk mempercepat proses pemulihan ekosistem padang sabana di Pulau Gili Lawa Darat yang terdampak kebakaran tersebut.

Pihaknya pun mengimbau wisatawan agar mematuhi sepenuhnya peraturan dan ketentuan wisata alam yang berlaku di Taman Nasional Komodo.

pantai gili lawa
Gili Lawa di Taman Nasional Komodo. SHUTTERSTOCK/By Finn stock

Adapun Balai Taman Nasional Komodo mencatat, hutan sabana seluas 45 hektare terbakar di Pulau Gili Lawa Darat pada Minggu.

Lukita menjelaskan bahwa kebakaran itu awalnya diketahui oleh petugas Resort Gili Lawa. Mereka melihat ada kepulan asap dari arah selatan jalur trekking Puncak Gili Lawa.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pasca-kebakaran di Gili Lawa, Spot Snorkeling dan Diving Masih Buka", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/08/25/210800427/pasca-kebakaran-di-gili-lawa-spot-snorkeling-dan-diving-masih-buka.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved