Satpol PP Manggarai Barat Minta Wisatawan di Bukit Sylvia Labuan Bajo, Tidak Merokok

Kebakaran hebat melalap belasan hektare lahan kering atau padang savana atau sabana di Bukit Sylvia Labuan Bajo beberapa waktu lalu.

Dokumen SatpolPP Manggarai Barat
Bukit Sylvia Labuan Bajo terbakar, hingga kini belum berhasil dipadamkan. Dokumen SatpolPP Manggarai Barat 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM, LABUAN BAJO - Kebakaran hebat melalap belasan hektare lahan kering atau padang savana atau sabana di Bukit Sylvia Labuan Bajo beberapa waktu lalu.

Diduga api berasal dari puntung rokok yang dibuang pengunjung yang hendak berswafoto di bukit itu.

Karena itu pasca-kebakaran, Satpol PP Manggarai Barat meminta kepada pengunjung Bukit Sylvia untuk tidak merokok.

Baca juga: Perayaan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, 21 Warga Kibarkan Bendera Merah Putih di Spot Diving Labuan Bajo

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Manggarai Barat, Stef Salut, mengimbau semua wisatawan yang berswafoto di Bukit Sylvia di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), agar tidak merokok.

Imbauan itu, kata dia, disampaikan usai peristiwa kebakaran yang melahap belasan hektar lahan di Bukit Sylvia pada Senin (22/8/2022) sore hingga malam.

"Penyebabnya adalah karena api dari puntung rokok yang dibuang pengunjung. Apinya bersumber dari tempat orang biasa nongkrong di Bukit Sylvia," ujar Stef saat ditemui Kompas.com di Labuan Bajo, Selasa (23/8/2022) sore.

Dilansir dari Kompas.com, Senin, proses pemadaman api cukup sulit akibat akses masuk ke bukit.

Guna mencegah terjadinya kebakaran di spot foto tersebut, pihaknya mengimbau semua wisatawan agar tidak merokok jika berswafoto di bukit tersebut.

Baca juga: Uskup Ruteng Minta UMKM Lokal Tingkatkan Kualitas Produk dalam Festival Golo Koe di Labuan Bajo


"Khusus saat musim kemarau begini. Rumput-rumput kering semua. Sehingga mudah sekali terbakar. Ditambah angin kencang," ujarnya.

Ia mengajak semua wisatawan agar tetap mematuhi larangan-larangan dari pemeriksaan agar peristiwa seperti kebakaran tidak terjadi lagi ke depannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pasca-kebakaran di Bukit Sylvia Labuan Bajo, Turis Dilarang Merokok", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/08/23/170600527/pasca-kebakaran-di-bukit-sylvia-labuan-bajo-turis-dilarang-merokok

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved