Gaet Turis, Waktu Penyelenggaraan Festival Prawirotaman Yogya Harus Sesuai Puncak Kunjungan Wisman

Penyelenggaraan suatu event berskala besar perlu mempertimbangkan sejumlah faktor.

SITUS DINAS PARIWISATA KOTA YOGYAKARTA
Festival Prawirotaman 2019. Pada 2022, Festival Prawirotaman akan digelar pada 27 Agustus. SITUS DINAS PARIWISATA KOTA YOGYAKARTA 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM, YOGYAKARTA - Penyelenggaraan suatu event berskala besar perlu mempertimbangkan sejumlah faktor.

Satu di antaranya adalah waktu penyelenggaraan, saat libur sekolah atau musim panas, agar event itu berlangsung baik dan dihadiri banyak orang.

Penyelenggaraan suatu event menjadi momentum yang tepat untuk menggaet turis, tanpa event objek wisata bisa disebut mati suri.

Baca juga: Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Kembali Gelar Festival Prawirotaman pada 27 Agustus 2022

Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta akan menyelenggarakan Festival Prawirotaman pada 27 Agustus 2022.

Bulan Agustus dipilih sebagai waktu penyelenggaraan karena bulan ini merupakan puncak kunjungan wisatawan dari luar negeri.

Adapun bulan Juli, Agustus, dan September disebut merupakan peak season atau musim puncak kunjungan wisatawan mancanegara di Kota Gudeg.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko mengatakan bahwa Festival Prawirotaman diselenggarakan setiap tahun.

Namun, baru dua kali ini penyelenggaraannya diambil alih oleh Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

Baca juga: Pemkab Bantul Kembali Gelar Festival Layangan dan Lomba Lari, Tingkatkan Kunjungan Wisata


"Sebelumnya digelar oleh komunitas Prawirotaman, Pemkot mencoba mengambil alih festival ini untuk promosikan potensi wisata di Prawirotaman," katanya di Balai Kota Yogyakarta, Rabu (24/08/2022).

Ia meyakini, festival ini mampu membantu menarik minat wisatawan mancanegara sebab Prawirotaman memang sudah dikenal sebagai kampung internasional. Setiap tahunnya, daerah tersebut selalu didatangi wisatawan mancanegara.

"Kami coba manfaatkan momentum itu untuk membuat festival sesuai dengan potensi budaya di Prawirotaman," kata dia.

Selama 2022, Dinpar Kota Yogyakarta mencatat jumlah wisatawan mancanegara di Kota Yogyakarta berkisar 10 persen dari jumlah keseluruhan wisatawan yang datang ke Kota Yogyakarta atau 3,9 juta wisatawan.

Baca juga: Festival #SerunyaIndonesia oleh TikTok Ditutup dengan Pemecahan Rekor Muri dan Penampilan Slank


"Wisatawan hingga Agustus sekitar 3,9 juta. Wisman kurang lebih 10 persen dari jumlah itu," ucapnya.

Adapun Festival Prawirotaman 2022 akan digelar di sepanjang Jalan Prawirotaman pada 27 Agustus 2022. Menurut situs visitingjogja, festival bertema "Manunggal Mendunia" itu akan berlangsung mulai pukul 15.00 WIB hingga selesai.

Tahun ini, Festival Prawirotaman akan diisi oleh aktivitas seperti pertunjukan seni dan budaya, parade budaya, bazaar, dan orkestra.

Menurut media sosial Dinas Pariwisata Kota Jogja, di acara tersebut nantinya juga akan digelar peragaan busana di jalanan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Festival Prawirotaman Yogya Ditargetkan Bantu Gaet Wisman", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/08/24/160600927/festival-prawirotaman-yogya-ditargetkan-bantu-gaet-wisman.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved