Objek Wisata Pulau Gili Lawa di TN Komodo Kabupaten Manggarai Barat Terbakar, Kini Ditutup Sementara

Pengelola Taman Nasional Komodo atau TN Komodo menutup sementara objek wisata yang termasuk dalam kawasan TN Komodo tersebut.

Dokumen warga untuk Kompas.com
Kebakaran lahan di Kawasan Taman Nasional Komodo tepat di Pulau Gililawa, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, pada Minggu (21/8/2022). Dokumen warga untuk Kompas.com 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Pengelola Taman Nasional Komodo atau TN Komodo menutup sementara objek wisata yang termasuk dalam kawasan TN Komodo tersebut.

Lahan yang terdiri atas padang zabana itu sangat mudah terbakar namun dengan cepat juga tumbuh kembali.

Alam memang punya kemampuan untuk pulih kembali, meski perlu waktu.

Baca juga: Tarif Baru dan Pembatasan Kuota Masuk Taman Nasional Berlaku hanya di Pulau Komodo dan Padar

Pulau Gili Lawa di kawasan Taman Nasional (TN) Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) ditutup sementara, mulai Senin (22/8/2022).

Berdasarkan informasi akun Instagram resmi Balai Taman Nasional Komodo, Senin, penutupan dilakukan guna mempercepat proses pemulihan ekosistem padang sabana di Pulau Gili Lawa Darat yang terdampak oleh kebakaran pada Minggu, (21/8/2022).

"Pulau Gili Lawa Darat, Resort Gili lawa Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Balai Taman Nasional Komodo ditutup sementara hingga ada pemberitahuan selanjutnya," bunyi keterangan dari akun tersebut.

Namun, sampai berita ini dimuat, belum ada respons dari pihak TN Komodo saat dihubungi Kompas.com, Senin.

tujuan wisata selain labuan bajo
Gili Lawa di Taman Nasional Komodo. SHUTTERSTOCK / By Finn stock

Sebelumnya, Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina telah mengonfirmasi kabar kebakaran tersebut.

"Kalau ini, ekosistem savanna (sabana)-nya rusak. Tapi mereka kan pulih kembali seperti biasa. Alam punya kemampuan untuk pulih kembali, makanya harus dikasih waktu mereka meremajakan diri kembali. Makanya perlu ditutup lagi sementara," ujar Shana saat dihubungi Kompas.com, Senin.

Untuk kondisi terkini di Pulau Gili Lawa, kata Shana, api di wilayah tersebut sudah padam.

"Saat ini sudah mati apinya. Ini karena cuaca lagi panas. Memang kalau di Labuan Bajo sekitarnya banyak savanna (sabana), jadi ketika sedang musim kering tapi ada angin, berpeluang terjadi gesekan dan kebakaran," terangnya.

Baca juga: Uskup Ruteng Minta UMKM Lokal Tingkatkan Kualitas Produk dalam Festival Golo Koe di Labuan Bajo

Ia juga mendapat kabar terkait kemungkinan penutupan tersebut, dan tidak lama setelahnya, TN Komodo pun mengumumkan penutupan Pulau Gili Lawa secara resmi lewat akun Instagram mereka.

Di sisi lain, Shana mengatakan, pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah langkah guna mengantisipasi peristiwa serupa pada kemudian hari.

Adapun langkah itu termasuk mengalihkan kunjungan ke lokasi lain, menyiapkan masa pemulihan ekosistem dengan memastikan tidak ada gangguan lain, serta mengantisipasi kebakaran pada musim kering dengan mempersiapkan fasilitas dan respons yang cepat.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pulau Gili Lawa TN Komodo Ditutup Sementara Akibat Kebakaran", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/08/22/182800727/pulau-gili-lawa-tn-komodo-ditutup-sementara-akibat-kebakaran.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved