Pemkab Bantul Kembali Gelar Festival Layangan dan Lomba Lari, Tingkatkan Kunjungan Wisata

Festival ini digelar untuk membantu mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke objek wisata di Kabupaten Bantul.

KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO
Warga menerbangkan layangan naga raksasa di Jalur Jalan Lintas Selatan, Pantai Samas, Bantul, Sabtu (31/10/2020). Festival Layangan Samas 2022 juga membantu meningkatkan kunjungan wisatawan. KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM, YOGYAKARTA - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar Festival Layangan Samas.

Festival ini digelar untuk membantu mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke objek wisata di Kabupaten Bantul.

Selain itu digelar juga lomba lari Sunset Run oleh Badan Otoritas Borobudur (BOB) di kawasan Pantai Depok, Sabtu (20/8/2022).

Baca juga: Ingin Berwisata ke Bantul? Datanglah Segera, Ada Banyak Event Budaya Saat Bulan Suro Ini

Festival Layangan Samas (FLS) di Pantai Samas, Kabupaten Bantul membantu mendongkrak kunjungan wisatawan ke pantai tersebut.

Adapun festival tersebut digelar pada 20 dan 21 Agustus 2022.

"FLS yang digelar di Pantai Samas mendongkrak kunjungan wisatawan ke Pantai Samas dan pantai di sisi barat Kabupaten Bantul," kata Kasi Promosi dan Informasi Wisata, Dinas Pariwisata Pemkab Bantul, Markus Purnomo Adi saat dihubungi wartawan, Minggu (21/08/2022).

Selain itu, digelar pula perhelatan lomba lari Sunset Run oleh Badan Otoritas Borobudur (BOB) di kawasan Pantai Depok, Sabtu (20/08/2022) yang turut meningkatkan kunjungan daerah tersebut.

Baca juga: Geliat Pariwisata Bantul Yogyakarta Mulai Terlihat, Gelar 2 Acara Budaya, Jumat dan Sabtu Ini


Adapun FLS sendiri baru pertama kali digelar dan diharapkan bisa menjadi agenda rutin.

"Kami berharap Festival Layangan Samas ini bisa jadi agenda rutin dari Dinas Pariwisata agar pariwisata di Pantai Samas bisa kembali bergeliat," kata Lurah Srigading, lokasi penyelenggaraan FLS, Prabawa Suganda.

Apalagi, selama ini pantai Samas kurang dilirik pengunjung dan hanya ramai ketika ada gelaran tertentu, seperti melukis mural, melepas penyu atau burung, atau FLS.

Perhelatan Sebagai Penambah Daya Tarik

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengatakan, FLS belum menjadi agenda rutin. Namun, saat ini sudah ada kegiatan menerbangkan layang-layang sudah berlangsung di kawasan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS).

Ia menganggap ide untuk menjadikan FLS gelaran rutin adalah sesuatu yang positif bagi pariwisata Bantul.

"Kalau kegiatan itu ditarik ke Pantai Samas tentunya juga akan menarik wisatawan untuk berkunjung meski tidak ada event resmi," katanya.

Baca juga: Weekend Bertepatan 1 Suro Picu Naiknya Kunjungan Wisata ke Bantul, Juga Ada Perhelatan Budaya

Aktivitas wisata olahraga atau sport tourism juga diharapkan bisa membantu menambah daya tarik Bantul, seperti yang baru saja dilakukan lewat Sunset Run.

"Nilai ini tentu saja dapat memperkuat Branding Kawasan Kordinatif Badan Otorita Borobudur menjadi Kawasan Sport Tourism serta bertambahnya atraksi wisata di Kawasan Koordinatif Badan Otorita Borobudur untuk dijadikan paket wisata minat khusus," kata Direktur Utama Badan Otorita Borobudur, Indah Juanita.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Festival Layangan hingga Lomba Lari Bantu Dongkrak Kunjungan Wisata ke Bantul", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/08/21/192007527/festival-layangan-hingga-lomba-lari-bantu-dongkrak-kunjungan-wisata-ke-bantul.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved