Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Kembali Gelar Festival Prawirotaman pada 27 Agustus 2022

Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta akan kembali melaksanakan Festival Prawirotaman pada 27 Agustus 2022 mendatang

SITUS DINAS PARIWISATA KOTA YOGYAKARTA
Festival Prawirotaman 2019. Pada 2022, Festival Prawirotaman akan digelar pada 27 Agustus. SITUS DINAS PARIWISATA KOTA YOGYAKARTA 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta akan kembali melaksanakan Festival Prawirotaman pada 27 Agustus 2022 mendatang.

Tujuan menggelar festival ini menurut Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta adalah untuk menunjukkan potensi dan eksistensi Kampung Prawirotaman.

Festival ini digelar untuk menyambut kedatangan para wisatawan yang ramai berkunjung ke Kampung Prawirotaman.

Baca juga: Rindu Jajanan Kuliner Tempo Dulu? Pasar Kangen Yogyakarta Hadir Kembali

Festival Prawirotaman 2022 akan digelar bulan ini, tepatnya pada 27 Agustus 2022 di sepanjang Jalan Prawirotaman.

Ini merupakan festival tahunan yang digelar Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta untuk menunjukkan potensi dan eksistensi Kampung Prawirotaman di tengah meningkatnya kunjungan wisatawan mancaengara ke Kota Gudeg.

Menurut situs visitingjogja, festival bertema "Manunggal Mendunia" itu akan berlangsung mulai pukul 15.00 WIB hingga selesai.

"Festival ini akan kami gelar pada akhir bulan, tepatnya 27 Agustus di sepanjang Jalan Prawirotaman untuk menyambut banyaknya wisatawan mancanegara yang mulai berkunjung," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko di Yogyakarta, Senin.

Baca juga: Hingga Awal Agustus 2022, Kunjungan Wisatawan ke Gunungkidul Yogyakarta Tercatat 2.010.266 Orang

Ia menambahkan, Kampung Prawirotaman selama ini dikenal sebagai kampung yang banyak didatangi oleh wisatawan mancanegara.

Oleh karena itu, digelarnya sebuah festival diharapkan semakin menegaskan potensi wisata dan keunikan kampun tersebut di mata wisatawan, terutama wisatawan mancanegara.


Aktivitas di Festival Prawirotaman 2022

Tahun ini, Festival Prawirotaman akan diisi oleh aktivitas seperti pertunjukan seni dan budaya, parade budaya, bazaar, dan orkestra.

Menurut media sosial Dinas Pariwisata Kota Jogja, di acara tersebut nantinya juga akan digelar peragaan busana di jalanan.

"Kami berharap dapat menjalni kebersamaan seluruh elemen pariwisata di kampung tersebut sehingga pariwisata terus bangkit, sekaligus menguatkan nilai-nilai tradisi yang menjadi keutamaan di Prawirotaman," ujarnya.


Kunjungan tak Terpengaruh Harga Tiket Pesawat

Jalan Malioboro Jogjakarta terkenal dengan berbagai macam sajian kuliner dan wisata budaya.
Jalan Malioboro Jogjakarta terkenal dengan berbagai macam sajian kuliner dan wisata budaya. (Kompas)

Wahyu mengklaim, kunjungan wisatawan ke Yogya tak terlalu terpengaruh dari kenaikan tiket pesawat.

Salah satu alasannya adalah karena lokasinya yang masih bisa ditempuh dengan jalur darat dari daerah-daerah lain.

Begitu pula untuk wisatawan mancanegara, bisa menempuh jalur darat dari Jakarta atau Surabaya.

"Yogyakarta masih bisa ditempuh dari jalur darat. Bisa menggunakan kendaraan pribadi atau rombongan dengan bus pariwisata. Jadi, kenaikan harga tiket pesawat tidak memengaruhi kunjungi wisatawan," ucapnya.

Untuk diketahui, sepanjang 2022, tepatnya selama Januari hingga Juli, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta mencatat kunjungan wisatawan mencapai 3,9 juta orang, berdasarkan tingkat okupansi hotel di kota tersebut.

Angka tersebut sudah meliputi wisatawan nusantara dan mancanegara, namun belum memasukkan wisatawan yang hanya berada satu hari di sana atau one day trip.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved