Informasi Masjid Istiqlal Jakarta, Kapan Buka dan Panduan Transportasi Umum

Masjid Istiqlal menjadi salah satu destinasi wisata religi yang paling populer di Ibu Kota Jakarta.

KOMPAS.com /VITORIO MANTALEAN
Ribuan orang memadati Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, untuk melaksanakan shalat Idul Fitri pada Senin (2/5/2022) pagi. Masjid Istiqlal buka jam berapa menjadi salah satu informasi yang banyak dicari wisatawan saat hendak berkunjung ke sana.  KOMPAS.com / VITORIO MANTALEAN 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Masjid Istiqlal menjadi salah satu destinasi wisata religi yang paling populer di Ibu Kota Jakarta.

Maka wajar saja jika setiap hari masjid ini dicari dan didatangi umat muslim untuk beribadah dan menyaksikan keindahannya.

Untuk itu diperlukan sarana atau fasilitas transportasi yang menghubungkan langsung masjid dengan titik kumpul warga.

Baca juga: Ikon Religi Kota Bontang, Masjid Terapung Darul Irsyad Al-Muhajirin Jadi Tempat Ngabuburit Warga

Masjid Istiqlal buka jam berapa merupakan salah satu pertanyaan umum para wisatawan, mengingat masjid yang berlokasi di Jakarta Pusat ini merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di ibu kota.

Dikutip dari Kompas.com (22/02/2022), Masjid Istiqlal merupakan salah satu situs cagar budaya yang terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tak sekadar tempat ibadah, masjid ini juga menyimpan banyak jejak sejarah dan merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara.

 

Masjid Istiqlal Buka Jam Berapa?

cantik istiqlal
Tampilan baru Masjid Istiqlal usai direnovasi, Jakarta, Kamis (7/1/2021). Masjid Istiqlal buka jam berapa menjadi salah satu informasi yang banyak dicari wisatawan saat hendak berkunjung ke sana. BIRO PERS SEKRETARIAT PRESIDEN


Wisatawan yang datang ke Masjid Istiqlal tak hanya berasal dari Jakarta dan sekitarnya, tetapi juga luar daerah.

Bahkan, kita juga kerap menemukan wisatawan mancanegara datang untuk melihat langsung keindahan masjid yang menempati lahan seluas 9,5 hektar ini.

Jika datang dari tempat yang jauh, maka penting untuk mengetahui Masjid Istiqlal buka jam berapa.

Menurut situs resminya, Masjid Istiqlal buka mulai pukul 04.00 hingga 21.00 WIB bagi umum.

Dengan begitu, wisatawan yang beragama Islam berkesempatan melaksanakan shalat lima waktu di sana. Jika datang berjalan kaki, pengunjung bisa datang lewat gerbang As-Salam, Al-Fattah, Al-Aziz, dan Al-Mu'min.

Panduan Transportasi Umum

Berlokasi di jantung Kota Jakarta membuat Masjid Istiqlal mudah dijangkau dari berbagai arah. Naik transportasi umum ke Masjid Istiqlal sangatlah dimungkinkan.

Sebab, masjid berlokasi sangat dekat dengan halte TransJakarta dan stasiun Commuter Line (KRL).

Khusus untuk halte TransJakarta, bahkan ada beberap titik pemberhentian yang bisa dijadikan pilihan.

Halte terdekat adalah Halte Juanda yang berlokasi di depan masjid. Halte ini dekat dengan halte pusat TransJakarta, yakni Harmoni Central Busway, yang bisa membawamu ke berbagai wilayah di Jakarta.

Kamu yang tinggal di daerah Jakarta Timur juga bisa naik rute menuju Kampung Melayu di halte tersebut.

Sementara jika memilih naik KRL, kamu perlu menyebrang jalan menuju Stasiun Juanda. Kereta yang melalui Stasiun Juanda berangkat dari Jakarta Kota menuju Bekasi, dan sebaliknya.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved