Warga Desa Kojadoi Kabupaten Sikka Nusa Tenggara Timur Laksanakan Upacara Bendera di Tengah Laut

Warga berbagai daerah seolah berlomba menyelenggarakan peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI penuh kreativitas dan seunik mungkin

KOMPAS.com/NANSIANUS TARIS
Pulau Kojadoi di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (11/5/2019). KOMPAS.com/NANSIANUS TARIS 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM, MAUMERE - Warga berbagai daerah seolah berlomba menyelenggarakan peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI penuh kreativitas dan seunik mungkin.

Di darat, tengah laut, bawah laut dan di udara menjadi ajang kreativitas masyarakat untuk menggelar upacara sakral ini.

Demikian juga warga Desa Kojadoi di Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), punya cara unik memperingati HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, yang digelar setiap tanggal 17 Agustus.

Baca juga: Bendera Merah Putih Berkibar di 5 Lokasi Bawah Air pada HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Jika sebelumnya upacara digelar di kantor desa, namun kali ini dilakukan di tengah laut. Bersama seluruh pejabat tingkat kecamatan, warga desa terlihat antusias mengikuti upacara tersebut.

Kegiatan ini juga dihadiri prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) Maumere.

Kepala Desa Kojadoi, Hanawi, mengatakan bahwa pembangunan tempat upacara di tengah laut merupakan inisiatif dan hasil swadaya warganya.

Apalagi mereka telah dipercaya menjadi tuan rumah perayaan HUT ke-77 RI tingkat kecamatan.

"Sebetulnya kami ingin tampil beda. Kalau sebelumnya di laut itu hanya digunakan tabur bunga, sekarang kami mencoba untuk melakukannya di tengah laut," ujarnya.

Ia melanjutkan, HUT ke-77 RI juga menjadi momentum untuk mempromosikan tempat wisata di desanya.

"Ini kegiatan perdana yang kita lakukan. Semoga ini menjadi momentum bangkitnya pariwisata di Kojadoi ke depan," ujarnya.

perairan kojadoi menjadi lokasi merah putih
Kegiatan peringatan HUT ke-77 RI di perairan Pulau Kojadoi, Kabupaten Sikka, NTT, Rabu (17/8/2022). Dokumen Lanal Maumere

Komandan Lanal (Danlanal) Maumere, Kolonel Laut (P) Dwi Yoga Pariyadi menjelaskan, peringatan HUT Ke-77 RI di Kojadoi tak hanya upacara di atas laut, tetapi juga pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut serta di puncak Bukit Batu Purba.

Kojadoi, terang Yoga, merupakan wilayah binaan Lanal Maumere dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan laut (Dawilhanla).

Pihaknya juga membangun wiayah itu sebagai Kampung Bahari Nusantara (KBN). "Itulah alasan kami memilih Kojadoi sebagai lokasi peringatan HUT RI ke-77," katanya.

Baca juga: Banyak Peserta Gagal Tembus Titik Pengibaran di Laut Pantai Baron, Upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan RI

Ia menambahkan, pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut dilakukan secara serempak di 77 titik di seluruh Indonesia.

"Dan di sini menjadi titik ke-21. Ini juga dalam rangka memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Dunia-Indonesia) nasional," katanya.

Ia berharap kegiatan ini menjadi awal kebangkitan menuju Indonesia yang tangguh.
"Dari laut Indonesia pulih, dari laut Indonesia bangkit untuk mencapai Indonesia yang tangguh," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "HUT RI, Warga Kojadoi NTT Jalani Upacara Bendera di Tengah Laut", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/08/18/130800427/hut-ri-warga-kojadoi-ntt-jalani-upacara-bendera-di-tengah-laut?page=all#page2.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved