HUT ke-77 RI Komunitas Motor Trail Manggarai Timur Kibarkan Merah Putih di Puncak Gunung Namparnos

Mendekatkan diri dengan alam adalah salah satu ide yang menarik untuk direalisasikan, tentu dengan komitmen yang kuat

Dok Komunitas Motor Trail Matim. Ade Manubellu
Komunitas Motor Trail Manggarai Timur mengibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Berapi Nampar Nos untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI ke-77, Rabu, (17/8/2022). Dok Komunitas Motor Trail Matim. Ade Manubellu 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM, BORONG - Mendekatkan diri dengan alam adalah salah satu ide yang menarik untuk direalisasikan, tentu dengan komitmen yang kuat.

Alam kini menjadi tujuan sejumlah kegiatan yang fenomenal dan mengharukan, menguras emosi dan menumbuhkan kecintaan pada alam.

Demikian juga dengan perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Tahun ini begitu banyak upacara bendera dilaksanakan di alam terbuka, baik di laut, darat maupun udara.

Baca juga: Bendera Merah Putih Berkibar di 5 Lokasi Bawah Air pada HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Puncak Gunung Anak Ranakah di Kecamatan Lambaleda Selatan, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi lokasi pengibaran bendera merah putih dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia.

Dikutip dari situs Geospasial Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Gunung Anak Ranakah adalah kerucut gunung api dengan panorama indah dan udara segar yang menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik dan mancanegara.

Penduduk setempat menamakannya Nampar Nos (Namparnos). Gunung ini dapat dicapai dengan berkendara sekitar 45 menit dari Ruteng.

Komunitas Motor Trail (KMT) Kabupaten Manggarai Timur adalah kelompok yang memilih menggelar pengibaran bendera di Gunung Nampar Nos, Rabu (17/08/2022).

Alasannya untuk semakin mendekatkan diri dengan alam sekaligus menumbuhkan rasa cinta terhadap alam.

Ketua Komunitas Motor Trail Kabupaten Manggarai Timur, Ade Manubellu mengatakan, ada satu hal yang bisa dipelajari dari sebuah gunung berapi.

Anak Ranakah gunung berapi
Gunung Anak Ranakah atau Nampar Nos (Namparnos) di Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur. dok geospasial pariwisata dan ekonomi kreatif

Gunung berapi, menurutnya, akan selalu memiliki aktivitas vulkanik dalam kondisi cuaca apapun. Nilai itu dianggap relevan dengan situasi di masa pandemi Covid-19, di mana banyak orang harus tetap melanjutkan kehidupannya pada situasi apapun.

"Dan dari atas gunung sebenarnya mengajarkan kepada kita bahwa sebagai manusia tidak boleh sombong walau pun dalam posisi atau kedudukan yang lebih tinggi karena sebenarnya kita sangat kecil di tengah alam semesta ini," ucap Ade kepada Kompas.com, Rabu.

Baca juga: Perayaan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, 21 Warga Kibarkan Bendera Merah Putih di Spot Diving Labuan Bajo

Tahun lalu, komunitas ini juga menyelenggarakan pengibaran bendera namun di lokasi berbeda, yakni salah satu bukit di kawasan pariwisata Nangarawa, Kelurahan Tanah Rata, Kecamatan Kota Komba.

Selain karena nilai-nilai yang bisa diambil dari aktivitas pendakian, mereka kerap memilih gunung sebagai lokasi pengibaran bendera sekaligus untuk mempromosikan keindahan pegunungan di Kabupaten Manggarai Timur.

"Komunitas ini memiliki cara mempromosikan potensi pariwisata di Kabupaten Manggarai Timur untuk dikenal luas oleh komunitas lainnya di seluruh Indonesia. Beberapa bulan lalu, komunitas ini menjelajahi pariwisata Manggarai Timur dengan motor trail," jelasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "HUT RI, Bendera Merah Putih Berkibar di Puncak Gunung Nampar Nos NTT", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/08/17/210800627/hut-ri-bendera-merah-putih-berkibar-di-puncak-gunung-nampar-nos-ntt.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved