Yayasan Samatua Mimika Gelar Festival Perahu dan 'Dokter Terbang' di Keakwa Papua untuk HUT Ke-77 RI

Bermunculan banyak ide kreatif untuk melaksanakan perayaan itu dengan seunik mungkin, baik dari sisi cara maupun lokasi pelaksanaan.

DOK YAYASAN SOMATUA
Festival perahu di Keakwa, Mimika, Papua untuk merayakan HUT ke-77 RI. DOK YAYASAN SOMATUA 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Kreativitas masyarakat kian meningkat ketika dilaksanakan suatu upacara skala besar atau nasional seperti perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Bermunculan banyak ide kreatif untuk melaksanakan perayaan itu dengan seunik mungkin, baik dari sisi cara maupun lokasi pelaksanaan.

Uji kreatif terjadi di mana-mana baik dari sisi pemerintah maupun masyarakat setempat.

Baca juga: Tak Perlu Transit, Lion Air Akan Buka Penerbangan Langsung ke Timika Dari Jayapura dan Makassar

Di kawasan wisata pesisir Keakwa, Timika, Kabupaten Mimika, Papua, misalnya, warga setempat menggelar pesta rakyat yang juga bisa dihadiri wisatawan.

Aktivitas yang dihadirkan seperti pertandingan bola voli, festival tari Seka, dan festival perahu, serta digelar mulai Senin (15/08/2022) hingga Rabu (17/08/2022).

"Nantinya ini akan menjadi pesta rakyat dan bisa dihadiri wisatawan," ucap Ketua Yayasan Somatua sekaligus pengelola kawasan wisata Keakwa, Maximus Tipagau, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (16/8/2022).

Acara yang turut didukung oleh Freeport, Pemda Mimika, TNI, dan Polri itu melibatkan dua distrik, yakni Kokonaw dan Timika Baru, dengan total delapan kampung.

Selain pesta rakyat, penyelenggara juga bakal menghadirkan kegiatan unik yang diberi nama "Dokter Terbang".

Baca juga: Tak Hanya Raja Ampat, Papua juga Punya Pantai Harlem, Tempat Wisata yang Disebut Surga Tersembunyi

Dokter Terbang adalah kegiatan kerja sama Yayasan Somatua dan dokter-dokter Timika. Rencananya, akan ada empat orang dokter yang datang untuk memberikan penyuluhan gizi, pelayanan kesehatan, sekaligus pengobatan gratis.

"Masyarakat di sekitar bisa berobat dan bahkan melakukan tindakan operasi jika memungkinkan," sambungnya. Kegiatan Dokter Terbang bukan kali pertama diselenggarakan oleh Yayasan Somatua.

Sebelumnya, mereka kerap menghadirkan dokter ke kawasan pegunungan Intan Jaya. Namun, kini pihaknya mendatangkan dokter ke daerah pesisir.

Dokter Terbang dihadirkan ke daerah-daerah dengan fasilitas kesehatan yang terbilang sulit dijangkau. "Harapannya tentu adalah membuat kualitas hidup masyarakat menjadi lebih baik," ucap Maximus.

Promosi wisata Mimika

pengobatan gratis di keakwa
Keakwa, Mimika, Papua menggelar festival perahu dan dokter terbang untuk merayakan HUT ke-77 RI. DOK YAYASAN SOMATUA

Keakwa dapat dikatakan merupakan destinasi wisata baru di Bumi Cendrawasi. Destinasi ini dapat ditempuh sekitar satu jam menggunakan perahu selama dari Pelabuhan Pomako, Timika.

Meski terbilang baru, di sana sudah tersedia setidaknya 15 homestay, tempat makan, dan akses air bersih.

Dikutip dari Tribun Papua, wisatawan yang berkunjung ke Keakwa juga bisa menelusuri wisata sejarah. Sebab, kampung tersebut pernah menjadi basis pertahanan Jepang saat diserang sekutu pada masa Perang Dunia II.

Jadi, wisatawan yang pergi ke sana bisa menemukan puing-puing perlengkapan perang peninggalan Jepang dan Amerika Serikat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Festival Perahu dan "Dokter Terbang" di Keakwa Papua untuk HUT Ke-77 RI", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/08/16/185159027/festival-perahu-dan-dokter-terbang-di-keakwa-papua-untuk-hut-ke-77-ri?page=all#page2.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved