Dinas Pariwisata Sleman Gratiskan Tiket Masuk Wisata Kaliurang dan Kaliadem Saat 17 Agustus 2022

Langkah yang tepat ditempuh pemerintahan kabupaten Sleman Yogyakarta dengan menggratiskan tiket masuk objek wisata Kaliurang dan Kaliadem.

TRIBUN JATENG/GALIH PERMADI
Bunker Kaliadem. TRIBUN JATENG/GALIH PERMADI 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM, YOGYAKARTA - Langkah yang tepat ditempuh pemerintahan kabupaten Sleman Yogyakarta dengan menggratiskan tiket masuk objek wisata Kaliurang dan Kaliadem.

Memeriahkan peringatan hari kemerdekaan RI, masyarakat atau pengunjung bebas masuk dan menikmati objek wisata dan berbagai hiburan dalam lokasi itu.

Pembebasan biaya masuk objek wisata Kaliurang dan Kaliadem ini berlaku hanya pada hari ini, Rabu (17/8/2022).

Baca juga: Klakson Tiga Kali Sebelum Masuk Rumah Hantu Sleman City Hall, Menguak Misteri Kampung Penari

Pada hari ini, Rabu (17/8/2022), Dinas Pariwisata Sleman di Daerah Istimewa Yogyakarta membebaskan retribusi masuk kawasan wisata Kaliurang dan Kaliadem.

Hal ini untuk mangayubagyo Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia.

"Khusus untuk mangayubagyo HUT Ke-77 RI pada hari Rabu 17 Agustus 2022 retribusi masuk kawasan Wisata Kaliurang dan Kaliadem di bebaskan retribusinya," ujar Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Kreatif Dinas Pariwisata Sleman Aris Herbandang, dalam keterangan tertulis, Selasa (16/08/2022).

Aris Herbandang menyampaikan, 23 komunitas, tokoh masyarakat bersama Dinas Pariwisata Sleman akan menyelenggarakan gelar budaya dalam rangka HUT Ke-77 RI.

Baca juga: 10 Daftar dan Harga Tiket Masuk Wisata di Sleman Yogyakarta

Gelar budaya ini akan digelar di kawasan wisata Kaliurang

Rangkaian kegiatan akan diawali dengan Upacara Bendera yang diikuti oleh 130-an lebih pelaku pariwisata Kaliurang, dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Plt Kepala Dinas Pariwisata Sleman Suparmono yang akan mengenakan pakaian adat dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Tempat upacara dipilih destinasi yang relatif baru Nawang Jagad di daerah Kaliurang Barat," ungkapnya.

lokasi kemah alam terbuka
Nawang Jagad, Sleman, Yogyakarta. DOK. Instagram.com/nawangjagad

Pejabat fungsional Adhyatama Kepariwisataan dan Ekraf Kabupaten Sleman Rini Wahyu Hestari menambahkan, esok hari akan ada flash mob tari badui oleh peserta upacara.

"Tari badui dipilih karena tari ini merupakan salah satu kesenian asli Kabupaten Sleman, yang dalam perform besok dikemas menjadi seni pertujukan yang dapat diikuti oleh semua peserta upacara maupun pengunjung," terangnya.

Penampilan tari badui merupakan kolaborasi antara Sanggar Tari Kerincing Manis dari Jaban Tridadi Sleman dan Sanggar Sekar Jayashree dari Balangan Karangpakis Wukirsari Cangkringan.

Rangkaian agenda pertama di Nawang Jagad akan dimulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 10.30 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan flash mob kedua dan Band Rebo Ngeslow di Kawasan Tlogo PutrI Kaliurang pada pukul 11.30 sampai dengan 13.30 WIB.

Sementara itu, Ketua Forum masyarakat Kaliurang (Formak) Farchan Hariem, mengatakan bahwa perhelatan bersama dari seluruh pemangku kepentingan pariwisata Kaliurang ini merupakan media bersama dalam mensyukuri Kemerdekaan RI.

"Ini sekaligus menjadi momentum para pelaku pariwisata untuk bersama bangkit memulihkan ekonominya," pungkasnya.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wisata ke Kaliurang dan Kaliadem Gratis Saat 17 Agustus 2022", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/08/17/102456127/wisata-ke-kaliurang-dan-kaliadem-gratis-saat-17-agustus-2022?page=all#page2.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved