Hingga Awal Agustus 2022, Kunjungan Wisatawan ke Gunungkidul Yogyakarta Tercatat 2.010.266 Orang

Masih masa pemulihan, dunia pariwisata dalam negeri mulai menggeliat. Jumlah kunjungan wisatawan di sejumlah destinasi meningkat tajam.

Dok situs resmi Dinas Pariwisata Yogyakarta
Snorkeling di Pantai Nglambor, Daerah Istimewa Yogyakarta.  Dok situs resmi Dinas Pariwisata Yogyakarta 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM, YOGYAKARTA - Masih masa pemulihan, dunia pariwisata dalam negeri mulai menggeliat. Jumlah kunjungan wisatawan di sejumlah destinasi meningkat tajam.

Paling banyak wisatawan berkunjung ke lokasi wisata yang sedang menggelar event seni atau budaya maupun olahraga.

Promosi menjadi kata kunci, sehingga harus ada kalender wisata yang menjadi patokan para turis merencanakan perjalanan wisatanya.

Baca juga: Alasan Kearifan Lokal Nelayan Kawasan Gunungkidul Berhenti Melaut pada Selasa dan Jumat Kliwon

Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mencatat lama tinggal atau length of stay (LOS) wisatawan saat pandemi masih 1,18 hari.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Muhammad Arif Aldian menyampaikan, pada triwulan kedua tahun 2022, lama tinggal wisatawan di Kabupaten Gunungkidul hanya sekitar 0,91 per hari.

"Pada Juli 2022 ini LOS sudah naik menjadi 1,18 hari," kata Arif saat dihubungi melalui telepon, Senin (15/8/2022).

Baca juga: 200 Ribu Lebih Wisatawan Serbu Gunungkidul Yogyakarta Saat Libur Sekolah


Ia menjelaskan, meski kurang dari dua hari, namun hal ini dirasakan cukup baik karena melihat jumlah wisatawan yang fluktuatif.

"Sudah cukup baik mengingat pandemi Covid-19, saat ini sedang pemulihan usaha pariwisata," kata dia.

Arif melanjutkan, untuk pemulihan kunjungan wisata diperlukan waktu, sehingga lama tinggal wisatawan bisa meningkat signifikan. "Jadi perlu waktu ya, namun kondisi ini sudah semakin membaik," tuturnya.

Sebagai informasi, hingga awal bulan Agustus 2022, jumlah kunjungan di Kabupaten Gunungkidul tercatat sebanyak 2.010.266 orang.

Arif mengatakan bahwa pihaknya akan berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Gunungkidul, dengan menggencarkan promosi hingga menggandeng pelaku wisata di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Baca juga: Wisata Gunungkidul Jogja Tetap Dibuka Meskipun Kondisi PPKM Level 4, Wisatawan Wajib Vaksin


Salah seorang pelaku wisata di Kabupaten Gunungkidul, Aditya Putratama, mengakui bahwa jumlah kunjungan wisata sudah mulai meningkat sejak pemerintah melonggarkan kunjungan beberapa waktu lalu.

"Sudah mulai meningkat, ada juga yang menginap di homestay," kata Aditya yang juga pemilik persewaan alat snorkeling di Pantai Nglambor ini.

Dia berharap kunjungan meningkat pada akhir tahun, karena saat ini belum normal seperti sebelum pandemi. "Semoga, kembali pulih seperti sediakala," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Lama Tinggal Wisatawan di Gunungkidul Kurang dari 2 Hari", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/08/15/160600027/lama-tinggal-wisatawan-di-gunungkidul-kurang-dari-2-hari.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved