Peran Central Media Sosial Diharapkan Bisa Dukung Pemulihan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Media sosial memiliki peran sentral dalam berbagai aspek kehidupan manusia, termask dalam hal pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif.

SHUTTERSTOCK/PRAWAT THANANITHAPORN
Pantai berserta laut dan gunung menambah indah panorama Pulau Padar. SHUTTERSTOCK/PRAWAT THANANITHAPORN 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Media sosial memiliki peran sentral dalam berbagai aspek kehidupan manusia, termask dalam hal pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Siapa menguasai media sosial dia menguasai dunia, itulah pernyataan yang hampir menjadi kenyataan.

Dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun 2022 ini, TikTok mengkampanyekan jelajah #SerunyaIndonesia. 

Baca juga: Viral di TikTok, Seorang Pramugari Bebekan Cara Agar Dapat Upgrade Kursi di Pesawat

Dukungan terhadap pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif usai dihantam pandemi Covid-19 bisa dilakukan melalui media sosial.

Memeriahkan HUT ke-77 RI, TikTok kampanyekan Jelajah #SerunyaIndonesia, TikTok berkomitmen untuk terus mendukung perekonomian bangsa setelah masa pandemi Covid-19.

Kampanye ini dilakukan dengan pendekatan kepada dua sektor, yakni pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kita mencoba pendekatan dengan dua sektor utama yaitu pariwisata dan ekonomi kreatif, karena itu dua sektor yang paling terdampak saat pandemi,” jelas Head of Operations TikTok Indonesia Mahwari Sadewa Jalutama.

Pernyataan itu ia sampaikan dalam rangkaian acara #SerunyaIndonesia On The Road, di Bali, Minggu (14/8/2022).

Baca juga: Viral di TikTok, Seorang Penumpang Menolak Mentah-mentah untuk Pindah Kursi Pesawat

Tema #SerunyaIndonesia pun diselaraskan dengan konsep “Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat” dari pemerintah. 5 Kampanye #SerunyaIndonesia

Tama lantas menjelaskan lima rangkaian acara perayaan kampanye #SerunyaIndonesia. “Yang pertama itu hashtag challenge #SerunyaIndonesia. Dimulai dari tanggal 6-21 Agustus (2022), dengan tema Indonesia," ujar Tama.

Ia melanjutkan, semua kreator itu bisa mengunggah dengan hashtag #SerunyaIndonesia dan mengikuti style mereka masing-masing untuk mendapatkan hadiah senilai Rp 77 juta sesuai tanggal ulang tahun Indonesia.

TikTok Indonesia di Nori Bali
Mahwari Sadewa Jalutama, Head of Operations TikTok Indonesia saat ditemui di Nori Bali, Minggu (14/8/2022). KOMPAS.com/MUTIARA BERTHA

Rangkaian acara kedua yakni Jelajah #SerunyaIndonesia. Program ini berbentuk livestream melalui fitur TikTok Live yang mempromosikan 77 wisata yang ada di Indonesia.

Dalam program ini, TikTok menggandeng empat kreator Tanah Air untuk mempromosikan daerah wisata dan berinteraksi langsung dengan audiens.

Baca juga: Pramugari Ungkap Perlakuan Penumpang yang Menjengkelkan di Pesawat dan Diposting di TikTok

Rangkaian acara ketiga adalah For Your Fashion di Kota Kasablanka Jakarta. Kegiatan ini menggandeng sepuluh brand lokal dan mengadakan bazaar untuk membantu perekonomian lokal. Rangkakan ini digelar pada tanggal 11-21 Agustus 2022.

Rangkaian acara keempat adalah #MajuBarengTikTok, yang bekerja sama dengan 5.000 UMKM lokal. Ribuan UMKM itu diberikan pelatihan mengenai pemanfaatan platform media sosial dalam memaksimalkan penjualan terkhususnya platform TikTok.

“Yang terakhir, puncak acara, kita akan punya Festival #SerunyaIndonesia yang akan dilangsungkan di Jakarta tanggal 19 Agustus ini. Ada pemecahan rekor MURI, penampilan Slank, dan turnamen dengan skala lebih besar,” lanjut Tama.

sesi kampanye serunya indonesia
Para peserta mengikuti satu sesi kampanye #SerunyaIndonesia On The Road bersama TikTok di Nori Bali, Minggu 14/8/2022) KOMPAS.com/MUTIARA BERTHA

Dukungan TikTok terhadap perekonomian Indonesia tidak akan berhenti sampai rangkaian acara #SerunyaIndonesia selesai.

Menurut Tama, komitmen TikTok itu diwujudkan melalui content pillar yang telah disusun, salah satunya entertainment. “Banyak plan dan program yang mau kita jalankan, karena TikTok sudah membagi content pillar yang akan difokuskan di Indonesia, tutur Tama.

Ia melanjutkan, beberapa di antaranya adalaj musik, entertainment, sport, game, lifestyle, edukasi yang akan menjadi salah satu pilar utama di TikTok yang bisa memberi dampak kepada Indonesia.

Pengembangan konten juga terlihat dari fitur-fitur yang dihadirkan di TikTok, mulai dari TikTok Shop, TikTok Live, TikTok Creator Marketplace.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved