Pemkab Belitung Siapkan Sejumlah Paket Wisata untuk Delegasi G20, Hutan Mangrove dan Museum Maritim

Pemerintah Indonesia memanfaatkan kesempatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan  Development Working Group (DWG) G20 untuk mempromosikan kekayaan alam

KOMPAS.com/WASTI SAMARIA SIMANGUNSONG
Pulau Batu Berlayar, Belitung, salah satu spot destinasi wisata populer. KOMPAS.com/WASTI SAMARIA SIMANGUNSONG 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Pemerintah Indonesia memanfaatkan kesempatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan  Development Working Group atau DWG G20 untuk mempromosikan kekayaan alam dan budayanya.

Mumpung para delegasi DWG G20 datang ke Indonesia khususnya pulau Belitung, kesempatan terbuka mempromosikan semua aspek wisata di sana.

Kesempatan seperti ini memang sudah ditunggu-tunggu para pelaku pariwisata tanah air. 

Baca juga: Museum Maritim di Kabupaten Belitung Mendapat Promosi Gratis Dikunjungi Delegasi G20

Para delegasi Development Working Group atau DWG G20 yang akan berada di Belitung pada 7-9 September 2022 akan dikenalkan dengan berbagai spot wisata Belitung.

Termasuk di antaranya island hopping ke gugusan pulau-pulau kecil di utara Pulau Belitung dan mengunjungi museum.

"Destinasi wisata tetap hopping island yang utama bagi delegasi. Nanti akan melihat kesiapan Museum Maritim. Kalau sudah siap akan kami ajak ke Museum Maritim," ujar Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Annyta, Kamis (11/08/2022), seperti dikutip dari Pos Belitung.

Selain itu, delegasi juga akan menawarkan destinasi ke kawasan mangrove berusia sekitar 750 tahun di Pulau Langer, Kecamatan Selat Nasik.

jelajah hutan bakau
Hutan bakau yang terletak di Pulau Langer Belitung adalah tempat tumbuhnya ekosistem bakau yang disebut sebagai salah satu ekosistem bakau tertua di dunia. Saat ini diperkirakan berusia 750 tahun. DOK PEMPROV BABEL

Dikutip dari situs Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, hutan mangrove tersebut disebut sebagai salah satu ekosistem bakau tertua.

Usianya yang berkisar 750 tahun didapatkan setelah dilakukan peninjauan oleh Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman pqea Mei 2022. Namun, untuk menemukan usia pastinya masih terus dilakukan penelitian.

Adapun mangrove Pulau Langer berada di kawasan terpisah dari daratan Pulau Belitung. Jaraknya sekitar 30 menit dari pelayaran dari Tanjungpandan, ibu kota Kabupaten Belitung.

"Wisata alam ini sekaligus memperlihatkan kepada delegasi G20 bahwa masyarakat setempat sangat menjaga alam. Kelestarian alam itu dibuktikan dengan keberadaan bakau berusia ratusan tahun yang tetap hidup dan terjaga," ucapnya.

Baca juga: Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Sowan ke Mangrove Center Balikpapan, Ngapain Ya?

Selain itu, akan ada destinasi wisata lain yang juga ditawarkan oleh para pelaku wisata dari ASSPI (Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia) dan ASITA (Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia).

Beberapa di antaranya seperti Bukit Peramun dan Rimba Alam Bahagia.

Para delegasi juga bisa membuat eco print dan mengunjungi kawasan bekas tambang Open Pit Nam Salu di Kecamagan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur, dan lainnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jelajah Pulau hingga Mangrove, Wisata Belitung untuk Delegasi G20", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/08/14/182938427/jelajah-pulau-hingga-mangrove-wisata-belitung-untuk-delegasi-g20.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved