Ide Kreatif, Pemkab Solok Sumatera Barat Peringati HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Puncak Gunung Talang

Untuk kali pertama Pemerintahan Kabupaten Solok Sumatera Barat menyelenggarakan upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Puncak Gunung Talang

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo
Pendaki mendirikan tenda di lahan datar sekitar R54 dekat kawah Gunung Talang, Solok, Sumatera Barat, Rabu (1/6/2016). Dari Gunung Talang, pendaki bisa melihat pesona tiga danau di Kabupaten Solok. Tiga danau tersebut adalah Danau Di Atas, Danau Di Bawah, dan Danau Talang. KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Untuk kali pertama Pemerintahan Kabupaten Solok Sumatera Barat menyelenggarakan upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Puncak Gunung Talang.

Selain mencatat sejarah baru, upacara di Puncak Gunung Talang ini juga merupakan salah satu bentuk promosi wisata di puncak Gunung Talang.

Ini ide yang bagus, ide kreatif yang perlu didukung segenap masyarakat, supaya objek wisatan ini semakin dikenal luas.

Baca juga: Upacara HUT Ke-77 RI, 17 Agustus 2022 Digelar di Puncak Gunung Talang, Bisa Lihat Pesona 3 Danau

Sekitar 20.000 peserta ditargetkan untuk mengikuti upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia di Puncak Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, pada Rabu (17/8/2022).

"Kita menargetkan peserta upacara HUT RI di puncak Gunung Talang nantinya sebanyak 20.000 orang, mulai dari seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah), para pendaki, dan masyarakat yang ingin ikut merayakan HUT RI nantinya," kata Bupati Solok, Epyardi Asda, Jumat (12/8/2022).

Epyardi menambahkan, saat ini jumlah pendaftar untuk acara tersebut sudah melebihi dari 20.000 orang.

"Kami juga mewajibkan masing-masing peserta agar membawa bendera merah putih yang akan dikibarkan di sana nantinya. Bagi yang tidak bawa bendera tidak boleh naik ke atas," lanjutnya.

matahari terbit di puncak talang
Panorama matahari terbit di sela-sela awan di puncak Gunung Talang, Solok, Sumatera Barat, Rabu (1/6/2016). Gunung Talang adalah gunung berapi aktif yang ada di Sumatera Barat dengan ketinggian 2.597 meter di atas permukaan laut (mdpl).  KOMPAS.com/Wahyu Adityo Prodjo

Adapun upacara di Puncak Gunung Talang ini merupakan yang pertama kalinya di kabupaten tersebut.

Dilansir dari Kompas.com, Selasa (9/8/2022), rencananya Epyardi akan mulai mendaki gunung setinggi 2.957 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini pukul 04.00 WIB. Durasi pendakian akan memakan waktu sekitar 1,5 hingga dua jam.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatikan (Kominfo) Kabupaten Solok, Teta Midra, mengatakan bahwa upacara ini diharapkan bisa memajukan pariwisata di Kabupaten Solok.

"Harapan dari Pemerintah Kabupaten, dengan terselenggaranya acara ini, selain menumbuhkan semangat nasionalisme, jadi menggiatkan pariwisata di Kabupaten Solok," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "20.000 Peserta Ditargetkan Ikut Upacara HUT Ke-77 RI di Gunung Talang", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/08/12/200222627/20000-peserta-ditargetkan-ikut-upacara-hut-ke-77-ri-di-gunung-talang.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved