Demi Keamanan dan Keselamatan Pendakian Gunung Raung Ditutup Saat 17 Agustus 2022, Sempat Erupsi

Aktivitas masyarakat pada radius 3 kilometer dihentikan sementara dalam beberapa waktu terakhir, termasuk aktivitas pendakian.

SHUTTERSTOCK/NUWATPHOTO
Pemandangan Gunung Raung dilihat dari Gunung Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur. SHUTTERSTOCK/NUWATPHOTO 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Aktivitas masyarakat pada radius 3 kilometer dihentikan sementara dalam beberapa waktu terakhir, termasuk aktivitas pendakian.

Penutupan dan pendakian di sekitar radius 3 kilometer dilakukan demi menjaga keselamatan dan keamanan masyarakat.

Pasalnya Gunung Raung sempat erupsi pada Rabu (27/7/2022).

Baca juga: Api Biru Menyala di Kawah Ijen, Cek Waktu Buka dan Tutup Objek Wisata Alam di Banyuwangi Ini

Pendakian Gunung Raung di Jawa Timur ditutup sementara per 27 Juli 2022 hingga waktu yang belum ditentukan.

Penutupan tersebut terkait dengan kenaikan aktivitas Gunung Raung, yang sempat erupsi pada Rabu (27/7/2022) sore, sekitar pukul 17.19 WIB.

"Tanggal 27 sore pukul 17.29 WIB, Gunung Raung mengeluarkan asap tebal kurang lebih sekitar 1.500 meter di atas puncak dalam kurun waktu sembilan menit," kata pengurus pos perizinan pendakian Basecamp Kalibaru Dimas kepada Kompas.com, Kamis (11/8/2022).

Hal senada juga disampaikan Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Gunung Raung, Mukijo. Ia melanjutkan bahwa sejak status Gunung Raung naik menjadi waspada, seluruh aktivitas dalam radius tiga kilometer, termasuk pendakian dilarang.

"Sejak naik waspada, dalam radius 3 km agar tidak ada aktivitas. Pendakian ke puncak memasuki radius tersebut," terangnya kepada Kompas.com, Kamis.

Gunung Raung Tutup untuk Pendakian pada 17 Agustus 2022

Dimas melanjutkan, sebenarnya peristiwa seperti ini memang lumrah terjadi di Gunung Raung yang berstatus gunung aktif. Namun demi keamanan bersama dan menyanggah berita-berita keliru yang seliweran, akhirnya gunung pun ditutup sementara.

penampakan gunung raung pagitadi
Visual Gunung Raung pagi tadi. Kompas.com/Rizki Alfian Restiawan

"Jadi dari pihak PVMBG menyarankan untuk menutup sementara waktu pendakian di Gunung Raung sampai kondisi memang benar membaik. Dari pihak kepolisian juga menyarankan untuk ditutup semantara dulu," terang Dimas.

Sedangkan untuk pembukaan pendakian kembali di Gunung Raung, harus menunggu informasi lebih lanjut dari pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

"PVMBG baru bisa menyimpulkan dan memastikan keadaan sebuah gunung, harus menunggu hasil observasi selama 1 bulan, jadi kemungkinan akhir bulan Agustus baru bisa dipastikan," pungkas Dimas. Menurut penjelasan Dimas, bisa disimpulkan bahwa pendakian Gunung Raung akan tutup saat momen HUT ke-77 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gunung Raung Sempat Erupsi, Pendakian Ditutup Saat 17 Agustus 2022", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/08/12/070700627/gunung-raung-sempat-erupsi-pendakian-ditutup-saat-17-agustus-2022.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved