Banyak Penumpang Beralih ke Kapal Pelni, Fasilitas Membaik dan Harga Tiket Pesawat Melonjak

Pemandangan di sejumlah pelabuhan di Indonesia akhir-akhir ini menujukkan bahwa minat masyarakat untuk bepergian dengan kapal laut makin tinggi

KOMPAS.COM/RAHMAT RAHMAN PATTY
Ribuan calon penumpang meninggalkan Pelabuhan Yos Sudarso Ambon dengan tiga kapal milik Pelni, Kamis (12/5/2022) KOMPAS.COM/RAHMAT RAHMAN PATTY 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM -Pemandangan di sejumlah pelabuhan di Indonesia akhir-akhir ini menujukkan bahwa minat masyarakat untuk bepergian dengan kapal laut makin tinggi.

Hal itu disebabkan beberapa faktor, di antaranya ada pelonggaran aturan, kemudian fasilitas kapal yang membaik dan melonjaknya harag tiket pesawat.

Selain itu Kapal Pelni juga menyinggahi sejumlah kota sebelum mencapai tujuan. Ini dapat memeri kesempatan untuk menikmati keindahan alam kota tersebut.

Baca juga: Cara Beli Tiket Kapal Pelni Secara Online Serta Syarat Naik Kapal di Wilayah PPKM Level 1-4

Kenaikan harga tiket pesawat menjadi salah satu faktor penumpang kapal laut meningkat. Manager Komunikasi PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Ditto Pappilanda menyampaikan, peningkatan penumpang kapal karena naiknya harga tiket pesawat tidak hanya kali ini terjadi.

“Saat 2019 harga tiket pesawat mengalami kenaikan, jumlah pelanggan kapal Pelni juga menunjukkan kenaikan signifikan dibanding tahun sebelumnya,” kata dia kepada Kompas.com, Kamis (11/8/2022).

PT Pelni (Persero) hingga paruh pertama 2022 telah mengangkut 1,91 juta penumpang atau naik 155 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2021.

Baca juga: Cek Jadwal dan Tiket Kapal Pelni Melalui www.pelni.co.id, Beserta Aturan Baru PPKM Level 1-4

Lima wilayah dengan jumlah penumpang tertinggi meliputi Makassar, Bau-Bau, Surabaya, Ambon, dan Balikpapan.

"Jumlah penumpang kapal Pelni terus mengalami pertumbuhan seiring dengan peningkatan layanan, terutama karena penambahan channel penjualan tiket yang makin luas," kata Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni Yahya Kuncoro.


Fasilitas Kapal Pelni Makin Baik


Senada, Ditto menyampaikan bahwa antusiasme penumpang Pelni semakin tinggi sebab adanya beragam experience, seperti fasilitas yang ditawarkan.

“Fasilitas di atas kapal yang lengkap, seperti minimarket, mushala, klinik kesehatan, dan kafetaria membuat perjalanan dengan kapal laut menjadi lebih berkesan dan ramah bagi keluarga,” tutur dia.

Adapun menurut Yahya, penumpang kapal Pelni didominasi oleh wilayah tengah sebesar 48 persen, wilayah timur 27 persen, dan wilayah barat 25 persen.

Untuk kapal perintis, kenaikan jumlah penumpang adalah sebesar 36 persen atau total 364.207 penumpang.

Baca juga: Selain Pesawat Garuda Indonesia, Kapal Pelni Juga Masih Beroperasi, Layani Rute Tertentu


Ada Pelonggaran Aturan

Lebih lanjut, Ditto menjelaskan bahwa kenaikan traffic perjalanan penumpang kapal Pelni sebenarnya tidak dapat dipastikan disebabkan oleh satu faktor saja.

Menurutnya, kenaikan penumpang juga disebabkan karena aturan perjalanan dalam negeri selama masa pandemi Covid-19 yang sudah lebih longgar.

“Apalagi sebagian besar penumpang Pelni telah mendapatkan vaksin ketiga atau booster, sehingga tidak mengalami kesulitan untuk memenuhi syarat perjalanan dari pemerintah,” ujar Ditto.

melayani mudik indotim
Armada Kapal Pelni yang disediakan untuk pelayanan Mudik Masyarakat Indonesia Timur. Adlu Raharusun /Humas Pelni


Armada Kapal Pelni yang disediakan untuk pelayanan Mudik Masyarakat Indonesia Timur Adlu Raharusun /Humas Pelni

Kendati demikian, ia menyebutkan bahwa junlah penumpang saat ini sebenarnya masih jauh lebih sedikit dari saat sebelum Covid-19 melanda, khususnya di tahun 2019.

Namun, ia dan pihaknya tetap bersyukur sebab pemerintah telah membuka aturan perjalanan orang dalam negeri, sehingga aktivitas masyarakat mulai berangsur normal.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved