Makin Unik, Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Tengah Laut, Puncak Gunung dan Perbatasan Negara

Tim SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, DI Yogyakarta akan melaksanakan upacara peringatan HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI di tengah laut

bangoland
Mercusuar Pantai Baron, Gunungkidul  bangoland 

* Upacara HUT ke-77 RI di Gunungkidul Akan Digelar di Tengah Laut Pantai Baron Yogyakarta

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM, YOGYAKARTA - Makin unik dan kreatif. Pemerintah dan masyarakat Indonesia mulai kreatif dalam banyak hal. Satu di antaranya Upacara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Informasi yang dihimpun, sejumlah daerah menyelenggarakan Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tak seperti biasanya.

Lokasi upacara kini bergeser dari halaman kantor atau lapangan upacara berpindah ke tengah laut, puncak gunung juga perbatasan negara.

Baca juga: Khansa Syahlaa Ingin Beri Kado Indah HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Kibarkan Merah Putih di Puncak Elbrus

Tim SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, DI Yogyakarta akan melaksanakan upacara peringatan HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI di tengah laut Pantai Baron.

Pada upacara itu, masyarakat umum diperbolehkan ikut. Namun, mereka harus membawa perlengkapan sendiri.

"Upacara akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2022 pukul 10.00 WIB. Setelah 2 tahun absen, kita kembali melaksanakan upacara di tengah laut," kata Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono kepada Kompas.com melalui telepon, Rabu (10/8/2022).

Marjono melanjutkan, upacara akan dilakukan dengan mengibarkan bendera di tengah laut pantai Baron.

Nantinya setelah upacara, di sekitar pantai akan ada satu orang pembawa bendera didampingi dua orang pengibar akan berenang ke tengah laut.

Khansa Syahlaa akan mendaki Gunung Elbrust di RUsia dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI. dokumentasi Kemenparekraf
ILUSTRASI - Khansa Syahlaa akan mendaki Gunung Elbrus di Rusia dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI. dokumentasi Kemenparekraf (dokumentasi Kemenparekraf)

Adapun peserta upacara akan diikuti oleh seluruh SAR Satlinmas DIY, dan masing- masing wilayah akan mengirimkan 20 orang perwakilan.

"Nantinya, yang berenang 3 orang pasukan pengibar, 17 orang di belakangnya, dan 45 orang akan menyusul," kata Marjono.


Syarat Ikut Upacara 17 Agustus di Laut Pantai Baron

Merjono mengatakan, wisatawan boleh ikut upacara di laut. Namun, mereka harus membawa pelampung sendiri, kondisi sehat, dan yang paling utama bisa berenang.

Untuk keamanan, pihaknya menyiapkan empat perahu dan jetski SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul. Selain itu 40 an perahu nelayan akan menjaga peserta di sekitar lokasi upacara.

pantai baron di gunungkidul
Suasana Pantai Baron, Gunungkidul, DI Yogyakarta Selasa (24/5/2022) Dok SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul

"Nantinya 40 an perahu nelayan akan berjaga di selatan lokasi. Untuk gelombang jika dilihat dari grafik aman," kata Marjono.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul M Arif Aldian mengatakan pihaknya mengapresiasi upacara di tengah laut kawasan Pantai Baron.

"Kita tidak ada agenda. Namun untuk upacara di tengah laut Pantai Baron, kita dukung, sebagai salah satu upaya menarik kunjungan dan pemulihan ekonomi saat pandemi," kata Arif.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Upacara HUT ke-77 RI Akan Digelar di Tengah Laut Pantai Baron Yogyakarta", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/08/10/170500627/upacara-hut-ke-77-ri-akan-digelar-di-tengah-laut-pantai-baron-yogyakarta.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved