Upacara HUT Ke-77 RI, 17 Agustus 2022 Digelar di Puncak Gunung Talang, Bisa Lihat Pesona 3 Danau

Bupati Solok Bapak H. Epyardi Asda menginginkan sesuatu yang unik, yang dilakukan untuk merayakan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI. Sesuatu yang berbeda

KOMPAS.com/Wahyu Adityo Prodjo
Pendaki mendirikan tenda di lahan datar sekitar R54 dekat kawah Gunung Talang, Solok, Sumatera Barat, Rabu (1/6/2016). Dari Gunung Talang, pendaki bisa melihat pesona tiga danau di Kabupaten Solok. Tiga danau tersebut adalah Danau Di Atas, Danau Di Bawah, dan Danau Talang. KOMPAS.com/Wahyu Adityo Prodjo 

TRIBUNKALTIMTRAVEL.COM - Bupati Solok Bapak H. Epyardi Asda menginginkan sesuatu yang unik, yang dilakukan untuk merayakan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI. Sesuatu yang berbeda.

Untuk mewujudkan keinginan itu, jajaran Pemkab Solok memutuskan untuk melaksanakan upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di Puncak Gunung Talang.

Selain agar upacara kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, upacara bendera di Puncak Gunung Talang ini juga merupakan cara untuk mempromosikan Puncak Gunung Talang sebagai objek wisata yang layak dikunjungi.

Baca juga: Menikmati Sensasi 4 Hari 3 Malam di Puncak Gunung Rinjani, Kuota 100 Persen Mulai Rabu 27 Juli 2022

Dalam rangka memperingati HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Solok akan mengadakan upacara 17 Agustus di puncak Gunung Talang, Sumatera Barat, pada Rabu (17/8/2022).

"Dalam rangka (peringatan) 17 (Agustus), berbeda dengan tahun sebelumnya, Bupati Solok Bapak H Epyardi Asda memang mau ada hal yang unik yang kita lakukan, yang mungkin jarang kali ya kepala daerah yang melaksanakan, upacara skala kabupaten di Gunung Talang. Biasanya kita (upacara) di lapangan, sekarang di gunung," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Solok, Teta Midra, kepada Kompas.com, Senin (8/8/2022).

Selain menjadi satu-satunya gunung di Kabupaten Solok, lanjutnya, Gunung Talang yang setinggi 2.957 meter di atas permukaan laut (mdpl) dipilih karena menjadi salah satu gunung favorit di Sumatera Barat untuk didaki.

Teta menjelaskan bahwa terdapat lima jalur pendakian ke gunung yang masih aktif ini. Pihaknya akan memilih jalur pendek dengan estimasi durasi pendakian dari Pos I ke puncak 1,5 hingga dua jam.

Lantaran akan berperan sebagai inspektur upacara, Epyardi dijadwalkan akan mulai mendaki pukul 04.00 WIB karena upacara akan diadakan sekitar pukul 10.00 WIB.

survei lokasi upacara
Kegiatan survei ke Gunung Talang yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat, untuk upacara HUT Ke-77 RI pada Rabu (3/8/2022). Dok. Pemerintah Kabupaten Solok

"Untuk pendaki yang lain tentu ada yang sudah bermalam, sudah menginap di sana, terutama yang pencinta alam," katanya. Sejauh ini, upacara tersebut akan melibatkan sekitar 10.000 peserta. Teta menguraikan, 70 persen dari jumlah itu terdiri dari masyarakat umum, para pencinta alam, dan komunitas-komunitas tertentu.

Sementara itu, sekitar 25 persen meliputi anggota pemerintah daerah, termasuk kepala daerah, ASN (Aparatur Sipil Negara), dan TNI/POLRI. Ia menambahkan bahwa upacara ini terbuka untuk masyarakat umum.

"Nanti setiap pendaki juga wajib membawa bendera kecil untuk bersama dikibarkan, dan pulangnya wajib membawa sampah masing-masing," tuturnya.

Diharapkan Bisa Majukan Pariwisata di Kabupaten Solok

pendaki gunung talang
Pendaki melihat pesona tiga danau di Kabupaten Solok yakni Danau Di Atas, Danau Di Bawah, dan Danau Talang dari jalur pendakian Gunung Talang, Solok, Sumatera Barat, Rabu (1/6/2016). Danau Di Atas berada di Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti dan Danau Di Bawah terletak di Nagari Bukit Sileh, Kecamatan Lembang Jaya. Sementara, Danau Talang berada di Kampuang Batu Dalam, Kecamatan Danau Kembar. KOMPAS.com/Wahyu Adityo Prodjo

Upacara 17 Agustus di puncak Gunung Talang diharapkan bisa mengembangkan pariwisata di Kabupaten Solok. "Harapan dari Pemerintah Kabupaten, dengan terselenggaranya acara ini, selain menumbuhkan semangat nasionalisme, juga menggiatkan pariwisata Kabupaten Solok," kata Teta.

Ia menjelaskan bahwa pariwisata di kabupaten tersebut belum terolah dengan baik, sehingga pihaknya juga ingin mempromosikan wisata alam, khususnya wisata minat khusus untuk mendaki gunung.

Baca juga: Tukang Bakso Jualan di Puncak Gunung Cikuray, Ramai Pengunjung yang Mengantre


Selain upacara tersebut, akan ada beragam acara di Kabupaten Solok untuk memperingati HUT Ke-77 RI.

Salah satunya adalah pawai skala kabupaten pada hari Sabtu (20/8/2022), atau beberapa hari usai upacara tersebut. Adapun pada malam sebelum upacara, tepatnya pada Selasa (16/8/2022), akan ada Malam Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "HUT Ke-77 RI, Upacara 17 Agustus Akan Digelar di Puncak Gunung Talang", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2022/08/09/142107927/hut-ke-77-ri-upacara-17-agustus-akan-digelar-di-puncak-gunung-talang?page=all#page3.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved